• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN DI KELAS V SDN PLALANGAN 02 KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-retraefdew-3347-1-retraef-f_1.pdf (244.9Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Ef Dewanta, Retra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sampai saat ini peran guru sebagai subjek pembelajaran dan hanya sebagai transfer pengetahuan. Guru masih menggunakan sistem konvensional, guru terlalu mendominasi kelas sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Penerapan pembelajaran model Problem Posing ini dapat menimbulkan kondisi belajar yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengajukan suatu masalah, sehingga aktivitas siswa dapat meningkat. Aktivitas ini berdampak pada kemampuan siswa dalam mengerjakan soal. Kesalahan yang dialami dalam mengerjakan soal dapat teratasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Plalangan 02 Kalisat dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 15 Februari 2010 sampai dengan 06 Maret 2010. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran model Problem Posing pada pokok bahasan perbandingan terlaksana dengan lancar. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pembelajaran. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal adalah 51,67% pada pembelajaran I dan meningkat menjadi 60% pada pembelajaran II di siklus I, 68,33% pada pembelajaran III serta mencapai 80,42% pada pembelajaran IV siklus II. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa siswa yang sulit berinteraksi dengan teman-temannya, kurang berpartisipasi dan cenderung pasif. Prosentase kesalahan siswa pada siklus I adalah 9,88% dan 6,13% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesalahan siswa mengalami penurunan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Problem Posing pada pokok bahasan perbandingan cukup optimal untuk mengurangin tingkat kesalahan siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19598
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3447]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository