EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pelaksanaan program
pemberdayaan masyarakat dengan TIK yang dilakukan telecenter Asriloka
terwujudlah kegiatan-kegiatan pemberdayaan yaitu berupa pendampingan UKM dan
pembentukan KIM.dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan ditemui
faktor-faktor penunjang maupun pemhambat program pemberdayaan. faktor
penunjang pemberdayaan adalah semangat tinggi pengelola dalam menyukseskan
program pemberdayaan serta rutinnya pelatihan dan pengembangan dari Dinas
KOMINFO Jawa Timur dalam menunjang kinerja pengelola telecenter. Faktor
penghambat dari kegiatan-kegiatan pemberdayaan ini adalah kurangnya keaktifan
masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan telecenter, hal ini disebabkan
banyaknya masyarakat yang masih berfikiran negatif tentang TIK. Perbedaan
persepsi antara masyarakat dan pengelola terkait dengan tugas dan fungsi telecenter,
masyarakat cenderung menganggap bahwa telecenter sebagai tempat mendapatkan
pembinaan, mendapatkan finansial, mendapatkan pemasaran, dsb. Kurangnya
kemitraan dengan instansi terkait baik pemerintah maupun swasta agar kegiatan
pemberdayaan yang dilakukan telecenter dapat berjalan dengan maksimal.