Show simple item record

dc.contributor.authorDWI RATNAWATI
dc.date.accessioned2014-01-21T04:29:25Z
dc.date.available2014-01-21T04:29:25Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM090210204180
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19550
dc.description.abstractFakta menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SDN Sumberejo 09 Ambulu dinilai membosankan oleh kebanyakan siswa. Hal ini karena pembelajaran IPS disampaikan dengan cara yang tidak menarik. Guru terkesan melakukan ceramah monoton sehingga pembelajaran kurang menarik. Selain itu guru kurang memberi kesempatan pada siswa untuk menemukan informasi atau pengetahuannya sendiri sehingga membuat siswa pasif ketika mengikuti pembelajaran. Aktivitas belajar dan minat siswa yang rendah terhadap pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar. Berdasarkan uraian di atas, peneliti kemudian mengadakan penelitian yang berjudul “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kerajaan Hindu di Indonesia Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember? 2. bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember. 2.)untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember.enelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 09 Ambulu kelas V Semester Gasal yang terdiri 22 siswa, 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi lima kelompok yang heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggga1 1 Agustus 2011 sampai dengan 29 Oktober 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Semester Gasal SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan hasil tes individu. Persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 59,09% dan siklus II sebesar 72,72%. Selain aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada pra siklus ketuntasan hasil belajar sebesar 41% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 54,54% dan siklus II meningkat lagi menjadi 77,27%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dengan media peta dan gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Melihat fakta yang seperti ini diharapkan siswa lebih semangat dalam belajar dan saran yang diberikan yaitu agar guru dapat menggunakan pembelajaran ini sebagai salah satu pembelajaran altrnatif dengan menggunakan media. Peneliti lain juga dapat memperdalam penelitian tersebut tentunya dengan pokok bahasan yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204180;
dc.subjectStudent Teams Achievement Divisionen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAJAAN HINDU DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN MEDIA PETA DAN GAMBAR DI SDN SUMBEREJO 09 AMBULU - JEMBER SKRIPSIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record