| dc.description.abstract | Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran sampai saat ini 
masih bersifat  konvensional dimana guru masih dominan dalam pembelajaran 
sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Berdasarkan 
hasil observasi di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember, terdapat permasalahan yaitu 
hasil belajar siswa rendah dan siswa cenderung pasif dan bosan dalam pembelajaran 
IPS karena terlalu banyak hafalan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode 
permainan tebak kata dengan media gambar untuk menarik perhatian siswa. 
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan 
motivasi belajar siswa kelas IVB mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan 
teknologi di SDN Kebonsari 04 Jember melalui penerapan metode permainan tebak 
kata dengan media gambar serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas 
IVB mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Kebonsari 
04 Jember melalui penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar. 
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil 
belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi. 
Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 04 Jember dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 26 Januari 2012 sampai dengan 29 Maret 2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas IVB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Sedangkan  metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. 
Penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar pada intinya 
melibatkan siswa untuk melakukan permainan tebak kata sesuai dengan materi yang 
diajarkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi beajar siswa. Dengan adanya 
peningkatan motivasi belajar siswa diharapkan dapat berdampak pada kemampuan 
siswa dalam mengerjakan soal yang menyebabkan hasil belajar dapat meningkat. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan tebak kata 
dengan media gambar pada pokok bahasan perkembangan teknologi terlaksana 
dengan lancar serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa 
secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. 
Skor motivasi siswa  adalah 3,1 pada siklus I dan meningkat menjadi 3,6 pada siklus 
II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74,36% dan 
meningkat sebesar 79,49% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. 
Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dengan adanya penelitian metode permainan tebak kata dengan media gambar dapat memberikan kesan bahwa belajar IPS itu mudah dan menyenangkan serta dapat memberikan wawasan dalam pembelajaran IPS, sementara guru hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai bahan masukan dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar IPS | en_US |