Show simple item record

dc.contributor.authorYOKI HERMAWAN, RIAN
dc.date.accessioned2014-01-21T04:24:56Z
dc.date.available2014-01-21T04:24:56Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210204005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19536
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran sampai saat ini masih bersifat konvensional dimana guru masih dominan dalam pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Berdasarkan hasil observasi di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember, terdapat permasalahan yaitu hasil belajar siswa rendah dan siswa cenderung pasif dan bosan dalam pembelajaran IPS karena terlalu banyak hafalan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode permainan tebak kata dengan media gambar untuk menarik perhatian siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas IVB mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Kebonsari 04 Jember melalui penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IVB mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Kebonsari 04 Jember melalui penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 04 Jember dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 26 Januari 2012 sampai dengan 29 Maret 2012. Adapun subjek penelitian adalah siswa Kelas IVB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar pada intinya melibatkan siswa untuk melakukan permainan tebak kata sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi beajar siswa. Dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa diharapkan dapat berdampak pada kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang menyebabkan hasil belajar dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar pada pokok bahasan perkembangan teknologi terlaksana dengan lancar serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Skor motivasi siswa adalah 3,1 pada siklus I dan meningkat menjadi 3,6 pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74,36% dan meningkat sebesar 79,49% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dengan adanya penelitian metode permainan tebak kata dengan media gambar dapat memberikan kesan bahwa belajar IPS itu mudah dan menyenangkan serta dapat memberikan wawasan dalam pembelajaran IPS, sementara guru hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai bahan masukan dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar IPSen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204005;
dc.subjectMETODE PERMAINAN TEBAK KATA, MEDIA GAMBARen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SDN KEBONSARI 04 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record