• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SEPEDA MOTOR HONDA DENGAN PENDEKATAN MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA UD. GUNAWAN MOTOR DI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-yusufwiant-1910-yusufwi-d_1.pdf (37.33Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    YUSUF WIANTONO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Boston Consulting Group adalah cara atau model analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui posisi pasar perusahaan berdasarkan keragaman usaha yang dimiliki dimana perusahaan tidak sebagai suatu kesatuan yang utuh, tetapi terlebih dahulu melakukan dekomposisi menjadi berbagai unit usaha strategic Jenis penelitian yang digunakan disini adalah penelitian empiris atau runtut waktu yang didasarkan pada fakta atau pengalaman. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trend non linier dengan metode kuadratik untuk menentukan tingkat pertumbuhan produk dan tingkat pertumbuhan permintaan pada UD. Gunawan Motor di Jember. Market share masing-masing produk dicari dengan membandingkan penjualan perusahaan UD. Gunawan Motor dengan penjualan industrinya. Sedangkan pangsa pasar relatif merupakan perbandingan antara volume penjualan perusahaan dengan pesaing pokok. Maka pemetaan dapat dilakukan untuk mengetahui posisi masing-masing produk dalam matrik Boston Consulting Group. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada tiga jenis produk sepeda motor Honda pada UD. Gunawan Motor antara lain Supra Fit terletak pada posisi cash cow, artinya alternatif strategi yang digunakan adalah mempertahankan dominasi pasar dan aliran kas masuk. Untuk Supra X 125 terletak pada posisi Question Mark, artinya strategi yang digunakan yaitu kembangkan yang sasarannya adalah meningkatkan pangsa pasarnya, meskipun harus mengorbankan keuntungan jangka pendek. Sedangkan untuk Tiger CW berada pada posisi dog, artinya alternatif strategi yang digunakan adalah mendivestasikan produk tetapi tidak semua produk yang berada pada sel ini perlu didivestasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19524
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository