dc.description.abstract | Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Konsep dan Aplikasinya 2
Untuk Kelas VIII SMP dan MTs Semester 1, merupakan salah satu buku yang
ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan
sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam
pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Menurut Bell
(1978:381-385), 4 kriteria utama yang harus dipenuhi oleh buku pelajaran yaitu: (a).
materi matematika, (b). metode penyampaian materi, (c). karakteristik fisik , (d).
petunjuk untuk guru. Untuk menganalisis buku teks dapat digunakan keempat kriteria
tersebut menjadi 72 pertanyaan sebagai pedoman untuk menganalisis buku teks.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kesesuaian buku menurut
Bell yang berhungan dengan (a). materi matematika, (b). metode penyampaian
materi, (c). karakteristik fisik , (d). petunjuk untuk guru. Tujuan penelitian ini adalah
menelaah kesesuaian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Konsep dan
Aplikasinya 2 Untuk Kelas VIII SMP dan MTs Semester 1 berdasarkan kriteria Bell.
Jenis Penelitian adalah deskriptif. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Analisis data dengan deskriptif
kualitatif. Data dan sumber data yang digunakan adalah Buku Sekolah Elektronik
(BSE) Matematika Konsep dan Aplikasinya 2 Untuk Kelas VIII SMP dan MTs
Semester 1 . Instrumen yang digunakan adalah tabel pertanyaan tentang (a). materi
matematika, (b). metode penyampaian materi, (c). karakteristik fisik , (d). petunjuk
untuk guru. Berdasarkan hasil analisis didapatkan kesesuaian materi matematika pada
buku berdasarkan kriteria Bell hasilnya baik, Kesesuaian metode penyampaian materi
pada buku berdasarkan kriteria Bell hasilnya cukup, Kesesuaian karakteristik fisik
pada buku berdasarkan kriteria Bell hasilnya baik, Kesesuaian metode penyampaian
petunjuk untuk guru pada buku berdasarkan kriteria Bell hasilnya kurang. | en_US |