Show simple item record

dc.contributor.authorNunik Setyawati
dc.date.accessioned2014-01-21T03:57:37Z
dc.date.available2014-01-21T03:57:37Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080910202013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19478
dc.description.abstractRitel adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi. Saat ini, banyak ritel yang berubah dari ritel tradisional ke ritel modern. Ritel tradisional pengelolaannya masih secara sederhana, sistem organisasi tidak terencana dengan jelas dan strategi pemasarannya hanya pada waktu tertentu saja. Sedangkan ritel modern, sistem pengelolaannya sudah terencana dengan baik, struktur organisasi sudah terbentuk secara jelas dan strategi pemasarannya dilakukan secara terus-menerus. CV. Senyumindo Mediatama Jember merupakan suatu bentuk usaha ritel di Kota Jember berjenis specialty store, yang mengkhususkan penjualan kebutuhan peralatan kantor dan alat tulis/ATK. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini menggunakan konsep swalayan, grosir, pesan antar dan melayani proyek pemerintah maupun swasta. Hal ini membuat perusahaan harus mengelola usahanya dengan baik dan terorganisir agar mampu bersaing dengan para pesaing yang sejenis dan tetap mampu melayani konsumen dengan baik. Salah satu yang harus dikelola dengan baik dan terorganisir adalah strategi pemasarannya, karena mengingat CV. Senyumindo Mediatama termasuk jenis ritel modern, sehingga strategi pemasaran ritel yang dilakukan harus dikelola dengan baik. Tujuan dari penelitian karya ilmiah ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran ritel yang dilakukan oleh CV. Senyumindo Mediatama Jember. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hal tersebut dilakukan supaya didapatkan data yang mendalam dan mempunyai tingkat kebenaran yang tinggi. Penelitian ini ix http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id menggunakan metode wawancara secara in depth interview dalam penggambilan data. Analsis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis domain dan taksonomi. Penggunaan domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan metode induktif karena berawal dari hal yang khusus dahulu kemudian diakhiri dengan hal yang umum. Hasil penelitian ini adalah CV. Senyumindo Mediatama melakukan strategi pemasaran ritel untuk tetap mampu bersaing dan tetap berada di benak konsumen. Strategi pemasaran ritel yang dilakukan meliputi penentuan pasar sasaran, mengembangkan format ritel yang meliputi menentukan lokasi yang strategis, ketersediaan barang dagangan, promosi, penentuan harga, menciptakan suasana toko yang nyaman serta melayani konsumen dengan baik. Selain itu, perusahaan mengembangkan keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan melalui loyalitas konsumen, pengelolaan karyawan, penggalian informasi mengenai produk, repackaging (mengemas ulang) serta menjaga hubungan baik. Perusahaan juga telah merencanakan strategi jangka panjang maupun jangka pendek. Hal ini dilakukan agar perusahaan tetap menjadi perusahaan yang unggul. Kesimpulan dari penelitian ini adalah CV. Senyumindo Mediatama Jember mampu menggunakan konsep strategi pemasaran ritel. Namun, dalam menjalankan strategi-strateginya terdapat beberapa kekurangan dan harus diperbaiki perusahaan agar tetap menjadi perusahaan yang unggul diantara para pesaing lainnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910202013;
dc.subjectSTRATEGI PEMASARAN RITELen_US
dc.titleSTRATEGI PEMASARAN RITEL PADA CV. SENYUMINDO MEDIATAMA JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record