• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINGKAT KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENYEDIAAN FASILITAS BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA (Siswa Mi Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010)

    Thumbnail
    View/Open
    AB (43)a_1.pdf (396.3Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Dwi Rahayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar di rumah tidak lepas dari peranan orang tua sebagai pihak yang turut bertanggung jawab atas masa depan mereka. Peran orang tua dalam mendidik anak di rumah harus dapat berjalan beriringan dengan pihak sekolah atau guru untuk mencapai tujuan bersama yaitu peningkatan prestasi belajar anak lebih optimal. Peran serta orang tua diantaranya pemenuhan fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua di rumah. Faktor-faktor diatas merupakan sebagian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Tingkat Keterlibatan Orang Tua dalam Penyediaan Fasilitas Belajar dan Bimbingan Belajar di Rumah Hubungannya dengan Prestasi Belajar IPA (Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010). Metode penentuan daerah yang digunakan adalah purposive yaitu siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember semester genap. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah propotional random sampling sebanyak 55 siswa, sedangkan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara tingkat keterlibatan orang tua dalam penyediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19441
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository