TINGKAT KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENYEDIAAN FASILITAS BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA (Siswa Mi Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010)
Abstract
Kegiatan belajar di rumah tidak lepas dari peranan orang tua sebagai pihak
yang turut bertanggung jawab atas masa depan mereka. Peran orang tua dalam
mendidik anak di rumah harus dapat berjalan beriringan dengan pihak sekolah atau
guru untuk mencapai tujuan bersama yaitu peningkatan prestasi belajar anak lebih
optimal. Peran serta orang tua diantaranya pemenuhan fasilitas belajar dan bimbingan
belajar oleh orang tua di rumah. Faktor-faktor diatas merupakan sebagian dari
banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Tingkat Keterlibatan Orang Tua
dalam Penyediaan Fasilitas Belajar dan Bimbingan Belajar di Rumah Hubungannya
dengan Prestasi Belajar IPA (Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember
Tahun Pelajaran 2009/2010).
Metode penentuan daerah yang digunakan adalah purposive yaitu siswa MI
Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember semester genap. Metode pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah propotional random sampling sebanyak 55 siswa,
sedangkan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara
tingkat keterlibatan orang tua dalam penyediaan fasilitas belajar terhadap prestasi
belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...