PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS: EKONOMI
Abstract
Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa di kelas VIII A pada
mata pelajaran IPS: Ekonomi adalah rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti
pembelajaran. Aktivitas siswa yang terlihat dalam proses pembelajaran hanya
mendengar dan mencatat penjelasan dari guru, sehingga memberi kesan bahwa siswa
hanya memperoleh pengetahuan dari guru saja tanpa berusaha mencari dan
menemukan pengetahuannya sendiri. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian
tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
SAVI ini dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga berdampak pada peningkatan
hasil belajar siswa.
Pendekatan Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) adalah proses
belajar siswa dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual serta
penggunaan panca indera. Dalam pembelajaran ekonomi, guru menempatkan diri
sebagai fasilitator selama dalam proses pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk
lebih berperan aktif dan menjadi pelaku utama dalam proses pembelajaran yang
dituntut peran aktif dan dinamis. (Meier, 2002:91).
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pakem, Bondowoso. Penentuan
subjek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas VIII.A dengan jumlah siswa
sebanyak 28 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas VIII.A dan guru
bidang studi ekonomi, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru bidang studi dan kabag tata usaha. Desain penelitian ini adalah model dari Hopkins (dalam tim
penelitian proyek PGSM, 1997:7) dengan menggunakan 4 fase yaitu perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini
menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Analisa data pada penelitian ini
menggunakan analisa Deskriptif Kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa ketika
mengikuti pembelajaran ekonomi. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran masih rendah, namun setelah pelaksanaan tindakan
siklus I aktivitas belajar siswa meningkat yakni mencapai skor rata-rata 3,2 dengan
kriteria sedang. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata
mencapai 3,7 dengan kriteria tinggi. Fakta ini menegaskan bahwa penerapan
pembelajaran dengan mengunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa.
Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI juga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Jika sebelum pelaksanaan tindakan nilai rata-rata
siswa hanya mencapai 62,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 57,1
% maka setelah pelaksaan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,8
dengan ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 75%. Pada siklus II nilai rata-rata
siswa meningkat menjadi 74,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal menjadi
85,7%. Berdasarkan fakta ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan pembahasan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Menurut hasil kesimpulan, maka dapat diberikan
rekomendasi bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan penerapan SAVI
dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran di kelas dalam mengatasi
permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya hasil belajar.