• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS: EKONOMI

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-yunikusuma-655-yunikus-u_1.pdf (68.64Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    YUNI KUSUMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa di kelas VIII A pada mata pelajaran IPS: Ekonomi adalah rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Aktivitas siswa yang terlihat dalam proses pembelajaran hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru, sehingga memberi kesan bahwa siswa hanya memperoleh pengetahuan dari guru saja tanpa berusaha mencari dan menemukan pengetahuannya sendiri. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI ini dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Pendekatan Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) adalah proses belajar siswa dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual serta penggunaan panca indera. Dalam pembelajaran ekonomi, guru menempatkan diri sebagai fasilitator selama dalam proses pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk lebih berperan aktif dan menjadi pelaku utama dalam proses pembelajaran yang dituntut peran aktif dan dinamis. (Meier, 2002:91). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pakem, Bondowoso. Penentuan subjek penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas VIII.A dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas VIII.A dan guru bidang studi ekonomi, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru bidang studi dan kabag tata usaha. Desain penelitian ini adalah model dari Hopkins (dalam tim penelitian proyek PGSM, 1997:7) dengan menggunakan 4 fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran ekonomi. Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran masih rendah, namun setelah pelaksanaan tindakan siklus I aktivitas belajar siswa meningkat yakni mencapai skor rata-rata 3,2 dengan kriteria sedang. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata mencapai 3,7 dengan kriteria tinggi. Fakta ini menegaskan bahwa penerapan pembelajaran dengan mengunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jika sebelum pelaksanaan tindakan nilai rata-rata siswa hanya mencapai 62,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 57,1 % maka setelah pelaksaan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 75%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,8 dengan ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 85,7%. Berdasarkan fakta ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pembahasan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Menurut hasil kesimpulan, maka dapat diberikan rekomendasi bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan penerapan SAVI dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran di kelas dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19435
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository