PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PRODUK MOTOR MEREK HONDA (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut produk terhadap
kepuasan konsumen, atribut produk terhadap loyalitas konsumen, promosi terhadap
kepuasan konsumen, promosi terhadap loyalitas konsumen, kepuasan terhadap
loyalitas konsumen produk motor Honda. Instrumen penelitian menggunakan
kuesioner yang mencerminkan ekspetasi dan persepsi konsumen motor Honda pada
studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Atribut produk yang
diteliti meliputi harga, kemampuan mesin dan desain produk, sedangkan promosi
yang diteliti meliputi periklanan, publisitas dan promosi penjualan. Populasi yang
diteliti dalam studi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Jember yang memiliki motor merek Honda. Metode sampling yang
digunakan adalah purposive random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah
130 responden. Model analisis yang digunakan adalah structural equation modelling
(SEM).
Hasil analisis menunjukkan bahwa atribut produk berpengaruh signifikan
positif terhadap kepuasan konsumen, atribut produk berpengaruh signifikan positif
terhadap loyalitas konsumen, promosi berpengaruh signifikan positif terhadap
kepuasan konsumen, promosi berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas
konsumen, kepuasan berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas konsumen.