• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SUDUT MELALUI METODE KOOPERATIF DENGAN TEKNIK JIGSAW SISWA KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 03

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (124)x_1.pdf (294.3Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Hendra Tri Yulianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan disimpulkan sebagai berikut: 1. Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw pada pokok bahasan pengukuran sudut di kelas V SD Negeri Plalangan 03 berjalan dengan baik karena sesuai dengan tujuan yang diharapkan, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Selain itu siswa merasa senang dengan pembelajaran yang diterapkan 2. Pembelajaran matematika pokok bahasan pengukuran sudut dengan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw diperoleh prosentase ketuntasan belajar (kognitif) secara klasikal sebesar 75,28 %.Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 03, maka saran yang diberikan adalah: 1. Dengan melihat adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran koopeartif teknik jigsaw sebagai alternatif metode pembelajaran matematika. 2. Bedasarkan hasil temuan penelitian pada akhir penelitian masih ditemukan beberapa kesalahan, maka bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar hendaknya diberikan bimbingan secara individual agar: 1) lebih memahami konsep; 2) meneliti kembali jawaban yang telah dikerjakan ; 3) selalu menyiapkan diri terlebih dahulu dalam belajar dan tidak melupakan materi yang sudah diberikan dengan jalan sering mengulang materi dan mengerjakan soal-soal latihan. 3) Untuk menerapkan pembelajaran ini pada suatu pokok bahasan, hendaknya mempertimbangkan apakah pembelajaran tersebut cocok untuk pokok bahasan yang bersangkutan dan hendaknya membuat persiapan yang matang agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. 4. Penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19374
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository