Show simple item record

dc.contributor.authorHidayatullah, Ridlo
dc.date.accessioned2014-01-21T02:32:24Z
dc.date.available2014-01-21T02:32:24Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210204199
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19320
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Alam (IPA) dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa, sehingga kurang diminati oleh sebagian siswa. Kecenderungan proses belajar-mengajar di sekolah yang berpusat pada guru (teacher oriented) mengakibatkan siswa cenderung menerima materi pelajaran secara pasif. Sehingga siswa menemukan kesulitan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan persoalan materi pembelajaran IPA. Karena itu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil ulangan harian siswa. Pada ulangan harian satu rata-rata nilai yang tercapai adalah 42,6 dan ketuntasan klasikal 40,6 %. Berdasarkan ulangan harian rata-rata nilai yang tercapai adalah 50 dan ketuntasan klasikal 37,5 %. Guru dituntut untuk dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam menerima materi pelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan akademik adalah model pembelajaran penemuan (discovery learning). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran penemuan (discovery learning) mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran penemuan (discovery learning). Model pembelajaran penemuan (discovery learning) pada penelitian ini memiliki enam tahap, yaitu Stimulation (pemberian perangsang), Problem Statement (mengidentifikasi masalah), Data Collection (pengumpulan data), Data processing (pengolahan data), Verification dan Generalization mengadakan kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SD Negeri Lampeji 01 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Lampeji 01 Tahun Ajaran 2011/ 2012, sebanyak 32 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan analisa a) pesentase aktivitas individu, b) persentase aktivitas klasikal, c) persentase daya serap individu, d) persentase daya serap klasikal. Pelaksanaan model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) pada tanggal 25 November 2011 sampai 20 Desember 2012. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan : Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Pada Siswa Kelas IV SDN Lampeji 01 Tahun Pelajaran 2011/2012 berjalan dengan baik. Analisis pada hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa setelah diadakan tindakan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus 1 termasuk dalam kriteria aktif dan peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus 2 termasuk dalam kriteria sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setelah diadakan tindakan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 termasuk dalam kriteria tuntas. Sedangkan pada siklus 2, ketuntasan hasil belajar juga termasuk dalam kategori tuntas. Hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan dan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 2 juga mengalami peningkatan. Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204199;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN, DISCOVERY LEARNINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) PADA SISWA KELAS IV SDN LAMPEJI 01 TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record