• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus di SMP Negeri 12 Jember Kelas 8 Semester Genap Tahun Ajaran 2006/2007)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-yuniaidhav-474-yuniaid-i_1.pdf (86.40Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    YUNIA IDHA VILLAN RAMDHANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses belajar tanpa adanya fasilitas belajar yang lengkap serta tanpa adanya motivasi belajar akan memperoleh hasil yang tidak optimal. Peranan fasilitas belajar di rumah serta adanya motivasi belajar dari orang lain yaitu guru di sekolah dan wali murid di rumah harus berjalan beriringan bersama-sama, saling melengkapi guna mencapai tujuan tertentu yaitu hasil belajar anak yang optimal bagi anak. Kedua faktor tersebut adalah sebagian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar diperlukan dengan tujuan memudahkan dan mempelajari proses belajar di rumah yang akhirnya berujung pada hasil belajar yang diinginkan yaitu hasil belajar yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi studi kasus di SMP Negeri 12 Jember kelas 8 semester genap tahun ajaran 2006/2007. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji asumsi klasik regresi linier berganda sebagai syarat apakah model regresi linier berganda dapat digunakan pada penelitian ini atau tidak. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pada penelitian ini terjadi multikol. Artinya penelitian ini tidak dapat memenuhi syarat untuk dilakukan analisis regresi linier berganda. Dengan demikian uji hipotesis yang ada pada penelitian ini tidak dapat diuji secara simultan (bersama-sama) melainkan diuji secara parsial (sendiri-sendiri). Artinya variabel kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar mata pelajaran ekonomi tidak berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Melainkan berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19288
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository