PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus di SMP Negeri 12 Jember Kelas 8 Semester Genap Tahun Ajaran 2006/2007)
Abstract
Proses belajar tanpa adanya fasilitas belajar yang lengkap serta tanpa adanya
motivasi belajar akan memperoleh hasil yang tidak optimal. Peranan fasilitas belajar
di rumah serta adanya motivasi belajar dari orang lain yaitu guru di sekolah dan wali
murid di rumah harus berjalan beriringan bersama-sama, saling melengkapi guna
mencapai tujuan tertentu yaitu hasil belajar anak yang optimal bagi anak. Kedua
faktor tersebut adalah sebagian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi
hasil belajar siswa. Faktor kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar
diperlukan dengan tujuan memudahkan dan mempelajari proses belajar di rumah
yang akhirnya berujung pada hasil belajar yang diinginkan yaitu hasil belajar yang
optimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas belajar di rumah
dan motivasi belajar secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar mata pelajaran ekonomi studi kasus di SMP Negeri 12 Jember kelas 8
semester genap tahun ajaran 2006/2007. Hal ini ditunjukkan dengan hasil
perhitungan uji asumsi klasik regresi linier berganda sebagai syarat apakah model
regresi linier berganda dapat digunakan pada penelitian ini atau tidak. Dari hasil
tersebut menunjukkan bahwa pada penelitian ini terjadi multikol. Artinya penelitian
ini tidak dapat memenuhi syarat untuk dilakukan analisis regresi linier berganda.
Dengan demikian uji hipotesis yang ada pada penelitian ini tidak dapat diuji secara
simultan (bersama-sama) melainkan diuji secara parsial (sendiri-sendiri). Artinya
variabel kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar mata pelajaran
ekonomi tidak berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Melainkan
berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil
belajar.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...