PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN NASABAH SIMPEDES ATAS KUALITAS LAYANAN BERBASIS PERFORMANCE- IMPORTANCE ANALYSIS (Studi pada PT Bank Rakyat Indonesia Persero, Tbk. Unit Rambipuji Jember)
Abstract
Keberadaan jasa perbankan dalam masyarakat lebih menguntungkan
terutama pada sektor perekonomian, di mana para pelaku ekonomi lebih leluasa
dalam menjalankan proses kegiatan ekonominya untuk menunjang kelangsungan
hidup. Usaha jasa perbankan dalam masyarakat yang mengedepankan pelayanan
yang baik demi memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai nasabahnya
akan menghadapi berbagai macam keadaan atau pandangan yang timbul dari
masyarakat sebagai ungkapan kepuasan atau ketidakpuasannya akan pelayanan
yang diterimanya dari pihak bank yang dipercayainya. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan nasabah Simpedes (customer
satisfaction) terhadap kinerja layanan PT. BRI Unit Rambipuji Jember. Hal ini akna berguna untuk mengetahui dan menganalisis posisi masing-masing faktor pada diagram Performance-Importance Analysis dalam memberikan kepuasan bagi nasabah Simpedes PT. BRI Unit Rambipuji Jember.
Penelitian survei adalah penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan
manfaat untuk tujuan deskriptif, membantu dan membandingkan kondisi-kondisi
yang ada dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya dan juga dalam
pelaksanaan evaluasi. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah simpedes pada
PT. BRI Unit Rambipuji Jember. Metode analisis data yang digunakan dengan
metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap antara kinerja layanan
(performance) dengan kepentingan (importance) nasabah Simpedes BRI Unit
Rambipuji Jember. Hal ini terlihat dari hasil analisis gap yang secara umum
bernilai positif. Nilai gap tersebut menunjukkan bahwa kinerja layanan jasa
perbankan di BRI Unit Rambipuji telah sesuai dengan kepentingan/ harapan
Nasabah.