dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat hunian hotel di Jember semakin
baik, begitu juga dengan Hotel Bintang Mulia. namun di tahun 2012 tampak
tingkat hunian turun menjadi 30.350 pengunjung dari sebelumnya tahun 2011
sebesar 32.305 pengunjung. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja jangan sampai
tahun-tahun kedepan tingkat huniannya semakin turun. Oleh karena itu hal ini
menjadi penting bagi peneliti untuk mengetahui faktor-faktor apa yang
menentukan keputusan menginap pada hotel tersebut. Tujuannya untuk
meningkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan menginap lebih baik.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan insidental
sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan time linier function didapat
hasil 62 responden. Lokasi penelitian dilakukan di Hotel Bintang Mulia dan tamu
hotel sebagai respondennya. Sumber data diperoleh dengan memberikan
kuesioner pada tamu hotel secara insidental sampling. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, uji validitas dan
reliabilitas, pengujian hipotesis melalui uji F dan t. Dari analisis tersebut diperoleh
analisis regresi: Y = 3,480+ 0,239 X1 + 0,120X2 + 0,216X3 + 0,259X4
Dimana variabel promosi (X1), fasilitas (X2), Lokasi (X3) dan harga (X4)
diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen secara
signifikan (Nyata) mempengaruhi variabel dependen keputusan menginap (Y).
Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa variabel promosi, fasilitas, lokasi
dan harga secara signifikan mempengaruhi secara simultan variabel keputusan
menginap. Angka Adjusted R square sebesar 0,614 menunjukkan bahwa bahwa
61,4 persen variabel keputusan menginap dapat dijelaskan melalui keempat
variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 38,6 persen
dijelaskan oleh variabel lain-lain. | en_US |