Pengaruh Assement Portofolio dan Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap KetrampilanMetagonisi dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Biologi Siswa Kelas VII Smp Negeri 7 Jember
Abstract
Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia (Ganis,
2010). Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran. Penilaian merupakan bagian yang penting dalam pembelajaran. Sedangkan sistem penilaian siswa yang masih sering terjadi di
SMP hanya sebatas memberikan nilai dan tanda benar atau salahnya saja tanpa ditindaklanjuti oleh guru, sehingga siswa tidak tahu pasti letak kesalahannya (Kintoko, 2005). Sistem penilaian dengan portofolio yang dipadukan dengan strategi
pembelajaran kooperatif di dalam kelas dimungkinkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Model pembelajaran NHT adalah salah satu model pembelajaran yang termasuk dalam strategi pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi
siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik (Herdian,2009). Model pembelajaran ini memberikan peluang yang sama dengan penilaian portofolio dimana penilaian portofolio berfungsi sebagai alat untuk melihat
perkembangan tanggung jawab peserta didik dalam belajar, perluasan dimensi belajar, pembaharuan kembali proses belajar mengajar dan pengembangan pandangan peserta didik dalam belajar, untuk membangkitkan kepercayaan diri dan memotivasi untuk belajar (Sanjaya, 2011).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Assessment portofolio dan model Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar IPA biologi siswa. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan
menggunakan desain eksperimental semu pretest-posttest tak ekuivalen (Pretestposttest Non Equivalent Control Group) pada kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran keterampilan metakognisi, tes hasil belajar kognitif IPA biologi siswa, observasi mengajar, dokumentasi,
pengumpulan tugas, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas menggunakan One-Sample KolmogorovSmirnov,uji homogenitas dengan analisis varian (ANAVA), dan analisis kovarian
(ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian.
Analisis tehadap keterampilan metakognisi siswa terdiri atas pengetahuan tentang kesadaran (knowledge of cognition) dan pengaturan tentang kesadaran (regulation of cognition). Analisis terhadap data nilai pengetahuan tentang kesadaran
diperoleh besarnya signifikansi 0,000 (< 0,05). Dengan demikian H0 ditolak, jadi perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Analisis terhadap nilai pengaturan tentang kesadaran menunjukkan pengaruh yang diberikan oleh kelas eksperimen (perpaduan antara model NHT dengan
penilaian portofolio), berbeda dengan pengaruh yang diberikan oleh kelas kontrol dengan besarnya nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) sehingga H0 ditolak. Hasil kedua analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan assessment portofolio dan model
NHT memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan nilai pengetahuan tentang
kesadaran dan pengaturan tentang kesadaran siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap nilai pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai
signifikansi 0,000 (<0,05). Penolakan H0 menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Hasil ini
menunjukkan bahwa assessment portofolio dan model NHT memberikan pengaruh
yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif IPA biologi siswa kelas
VII SMP Negeri 7 Jember.