BAURAN PROMOSI PADA BUSINESS CENTER WILLIARTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep bauran promosi pada
BC. Williarta Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
dengan konsep bauran promosi yang diterapkan atau diimplementasikan pada BC.
Williarta Jember dan kesimpulan diambil secara induktif yaitu dari hal-hal yang
bersifat khusus yaitu pelaksanaan bauran promosi di dalam ruang lingkup BC,
Williarta Jember. Deskripsi penelitian ini menjelaskan tentang implementasi bauran
promosi dalam rangka menarik pemberian ulang atau baru di BC. Williarta Jember.
Penelitian menggambarkan pelaksanaan bauran promosi yang dijalankan pada BC.
Williarta Jember. Kebenarannya dicari melalui triangulasi yaitu membandingkan data
yang diperoleh dari perusahaan dengan hasil wawancara dan informan terkait
terhadap pelaksanaan kegiatan bauran promosi yang diterapkan pada BC. Williarta
Jember serta hasil penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa BC.
Williarta Jember menggunakan empat bauran promosi sebagai acuan dari kegiatan
promosi yang dilakukan. Bauran promosi yang digunakan tersebut adalah melalui
periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi dan publisitas. Iklan yang
digunakan oleh BC. Williarta Jember yaitu melalui media cetak. Promosi penjualan
yang dilakukan BC. Williarta Jember adalah mengadakan kegiatan fashion show,
katalog promo, open stand, beauty class dan presentasi rutin, sedangkan penjualan
pribadi yang dilakukan oleh BC. Williarta Jember pelaksanaannya bertempat di
counter BC. Williarta Jember oleh karyawannya. Publisitas BC. Williarta Jember
adalah menjadi sponsor pada acara tertentu dan menjalin hubungan dengan
masyarakat. Semua kegiatan yang telah dijalankan BC. Williarta Jember melalui
perencanaan agar berjalan dengan efektif untuk menarik pelanggan atau konsumen
baru telah dicapai.