Teknik Guru dalam Penyusunan Soal, Validitas, Reliabilitas, Kendala dan Upaya dalam Penyelesaian Masalah Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran IPA Biologi SMP Se-Kabupaten Probolinggo
Abstract
Pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan
kualitas sumber daya manusia (Herlina, 2007 [online]). Tinggi rendahnya kualitas
pendidikan diketahui melalui evaluasi pendidikan. Keberhasilan kegiatan evaluasi
dipengaruhi oleh keberhasilan evaluator dalam melaksanakan prosedur evaluasi.
Instrumen evaluasi yang disusun guru juga harus memiliki kualitas alat ukur yang
baik sehingga dapat diperoleh hasil belajar yang maksimal. Sehingga diperlukan
upaya penyelesaian masalah penyusunan instrument evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik guru dalam penyusunan soal,
validitas, reliabilitas, kendala dan upaya dalam penyelesaian masalah penyusunan
instrumen evaluasi pembelajaran IPA Biologi SMP Se-Kabupaten Probolinggo.
Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai peneliti maka jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif yang bersifat ex post facto. Proses tabulasi data dilaksanakan
dengan menggunakan metode survai (angket dan wawancara terpimpin) dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dalam bentuk data kuantitatif dan data kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data tentang teknik guru dalam penyusunan soal,
kendala dan upaya dalam penyelesaian masalah penyusunan instrumen evaluasi
pembelajaran IPA Biologi SMP Se-Kabupaten Probolinggo diketahui bahwa kategori
sangat baik sebesar 20% dan kategori baik sebesar 80%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa guru bidang studi IPA Biologi Se-Kabupaten Probolinggo dalam menyusun
soal evaluasi pembelajaran telah sesuai dengan prosedur penyusunan soal.
Data mengenai validitas dan reliabilitas soal yang diperoleh dari penjaringan
nilai dan naskah soal Ujian Kenaikan Kelas IPA Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten
Probolinggo kelas VII. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas
isi dan validitas kriteria. Naskah soal ulangan kenaikan kelas yang disusun guru
Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten Probolinggo memiliki 27% soal dengan validitas
isi sangat bak, 32% dengan validitas isi baik dan 41% dengan validitas isi cukup
sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa soal ulangan kenaikan kelas yang disusun
guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2009/2010
telah memiliki validitas isi, artinya soal tersebut telah sesuai dengan tujuan
pembelajaran khusus yang hendak dicapai guru. Naskah soal ulangan kenaikan kelas
yang disusun guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten Probolinggo terdapat 23% soal
dengan validitas kriteria sangat rendah, 54 % soal dengan validitas kriteria rendah dan
23% soal dengan validitas kriteria cukup. Sehinggga dapat diperoleh informasi bahwa
besarnya tingkat validitas criteria naskah soal ulangan kenaikan kelas yang disusun
guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten memenuhi kriteria soal yang rendah.
Pengukuran reliabilitas instrumen evaluasi menggunakan teknik KR
.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa 40% soal dengan tingkat reliabilitas
sangat rendah, 30% soal dengan tingkat reliabilitas rendah, 10% soal dengan tingkat
reliabilitas cukup, 17% soal dengan tingkat reliabilitas baik dan 3% soal dengan
tingkat reliabilitas sangat baik. Sehinggga dapat diperoleh informasi bahwa besarnya
tingkat reliabilitas tes yang disusun guru Biologi SMP Negeri Se-Kabupaten
memenuhi krteria soal yang sangat rendah.
Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa guru IPA Biologi SMP
Negeri Se-Kabupaten Probolinggo mempunyai kemampuan yang rendah mengenai
penyusunan soal dengan kualitas soal yang baik namun belum ada upaya yang
dilakukan oleh guru dan sekolah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Padahal
kualitas soal yang baik mampu memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar
siswa sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan penyelesaian masalah penyusunan instrumen evaluasi pembelajaran.