• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEMA SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN PLALANGAN 03

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (12)a_1.pdf (378.1Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Fitroh Nasruloh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan zaman menuntut adanya perubahan. Pendidikan merupakan sebuah sistem yang terdiri dari komponen-komponen, dimana perubahan yang terjadi pada satu komponen akan mempengaruhi dan menuntut komponen lain untuk melakukan perubahan. Perubahan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah menuntut lembaga sekolah untuk turut melakukan perubahan. Menyikapi perubahan tersebut, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat menyikapi perubahan kurikulum serta meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran. Salah satu model yang efektif untuk menyikapi permasalahan di atas adalah pembelajaran terpadu model webbed. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran terpadu model jaring laba – laba (Webbed Model) pada siswa kelas III SDN Plalangan 03. (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed model ) pada mata pelajaran Matematika dengan tema sifat bangun datar sederhana siswa kelas III SDN Plalangan 03. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed model) untuk sifat bangun datar sederhana pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SDN Plalangan 03. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Plalangan 03 mulai tanggal 10 Januari sampai 22 Januari 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema Kemmis dan Mc Taggart dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran terpadu model jaring laba – laba (Webbed Model) pada saat proses dan pelaksanaannya berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran dan siklus berlangsung. Aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 41,66 % dan pada siklus II sebesar 91,66 %. Pembelajaran Matematika menggunakan pembelajaran terpadu model webbed dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 41,66 % dan siklus II secara klasikal sebesar 91,66 % atau dapat dikatakan tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang sesuai dengan kehidupan sehari – hari dapat membuat siswa lebih aktif daripada siswa yang hanya menerima materi tanpa tahu kegunaannya bagi kehidupan mereka sehari hari. Selain dari hasil observasi aktivitas dan hasil belajar, data diperoleh dari perolehan hasil angket sikap siswa yang secara klasikal memperoleh persentase sebesar 81,77 %. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran terpadu model webbed pada siklus I dengan kriteria cukup aktif dan siklus II dengan kriteria aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19055
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository