• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEAKSARAAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KELOMPOK BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL BINAAN MUSLIMAT ALHIDAYAH DESA KAJARHARJO KECAMATAN KALIBARU KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2012

    Thumbnail
    View/Open
    K (62)k_1fkip.pdf (567.9Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Achmad Holili
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program keaksaraan fungsional adalah implementasi sebuah konsep pembelajaran berbasis masyarakat Jenis penelitian ini adalah deskriktif kualitatif,yakni penelitian yang menghasilkan data deskriktif berupa kata-kata tertutup maupun lisan dari responden yang diamati. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan dikelompok belajar keaksaraan fungsional binaan muslimat Alhidayah Desa Kajarharjo Kecamatan vii Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. dengan waktu yang dibutuhkan 8 bulan antar bulan oktober sampai mei 2012. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh melalui wawancara dengan informan kunci yaitu tutor dan diperkuat dengan hasil observasi maupun dengan hasil wawancara dengan informan pendukung yaitu warga belajar serta teknik pengolahan dan analisis data, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan data yang valid. Hasil dari penelitian ini yaitu mengetahui kinerja dan tingkat keberhasilan program keaksaraan fungsional binaan Muslimat Alhidayah dalam mengupayakan pemberantasan buta aksara dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan keaksaraan fungsional binaan muslimat alhidayah Desa Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi telah mampu memberikan pengajaran terhadap warga belajar dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya masyarakat yang ikut serta dalam program keaksaraan, dan warga belajar yang pada awalnya tidak bisa baca tulis berhitung sekarang mereka sudah bisa baca tulis berhitung meskipun belum begitu lancar. Dan ada beberapa warga belajar yang telah menerapkan hasil keterampilannya sebagai usaha sampingan mereka. Saran dari peneliti adalah akan lebih baik apabila kegiatan untuk sarana dan prasarana lebih dilengkapi untuk kebutuhan proses pembelajaran warga belajar, untuk proses pembelajaran tutor sebaiknya mencari inovasi atau variasi baru dalam pemberian pembelajaran untuk warga belajar, misalnya dari metode, penyampaian pelajaran, dan pemberian keterampilan yang lebih bagus.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19048
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository