• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PAILKEM DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (SISWA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2011/2012 SMP NEGERI 6 JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (38)a_1.pdf (597.5Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Dewi Oktavia Wulandari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan mulai dari pendidikan yang terdekat dengan kita, misalnya pendidikan di wilayah Jawa Timur. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah pembelajaran berbasis PAILKEM. Pembelajaran berbasis PAILKEM senantiasa memposisikan guru sebagai orang yang menciptakan suasana belajar yang kondusif atau sebagai fasilitator dalam belajar, sementara siswa sebagai peserta belajar yang harus aktif, inovatif, kreatif dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar serta menjadikan pembelajaran efektif, dan menarik (Uno, dkk., 2011:10). Pembelajaran berbasis PAILKEM dapat dikombinasikan dengan teknik pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang berbasis PAILKEM adalah teknik Talking Stick. Teknik Talking Stick merupakan teknik pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran dengan permainan yang memadukan ceramah, tanya jawab, dan diperkaya dengan permainan yang melibatkan peran aktif siswa secara langsung di dalam kelas (Ibid, 2010 dalan Aini, 2010). Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik Talking Stick terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta korelasi antara aktivitas dan hasil belajar pada vii siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 6 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik talking stick terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Jember. Adapun waktu penelitian yaitu bulan Mei tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Penentuan daerah penelitian menggunakan Purposive Sampling Area. Penentuan responden penelitian menggunakan uji homogenitas dan diperoleh kelas VII D sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik talking stick berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas dengan t viii hitung ≥ t (4,535 ≥ 1,99346). Penggunaan Pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik talking stick juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar belajar siswa dengan t tabel (5,391 ≥ 1,99346). Terdapat korelasi antara hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa pada siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik Talking Stick dengan nilai signifikasi 0,000 (< 0,01) pada siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 6 Jember
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19024
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository