Show simple item record

dc.contributor.authorFITRO HARYADI, S.H
dc.date.accessioned2014-01-21T00:47:02Z
dc.date.available2014-01-21T00:47:02Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210274056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19008
dc.description.abstractDari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan di SDN Dukuhdempok 06 Kec. Wuluhan dapat diketahui beberapa permasalahan yang timbul pada mata pelajaran IPA. Adapun rincian dari permasalahan yang timbul antara lain: (1) nilai rata-rata siswa berdasarkan dari ulangan harian dan formatif hanya mencapai 60%. Nilai rata-rata tersebut masih dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan media kokami yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dukuhdempok 06 Kec. Wuluhan yang terdiri dari 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor nilai pretes yang hanya mencapai 58% sedangkan nilai rata-rata postes sudah meningkat menjadi 81%. Selain itu, dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada pada siklus I mencapai 72% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274056;
dc.subjectMedia Kokami, Aktivitas, Hasil Belajar, IPAen_US
dc.titlePENERAPAN MEDIA KOKAMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN BUMI DAN ALAM SEMESTA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN DUKUHDEMPOK 06 KECAMATAN WULUHANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record