PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI DEALER MPM MOTOR KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh
secara parsial dan simultan unsur bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga,
promosi dan saluran distribusi terhadap sikap konsumen dalam memutuskan
pembelian Honda Beat di Dealer MPM Kecamatan Sumbersari Jember, dan
menentukan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian.
Berdasarkan tujuan dari peneliti, maka penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal. Metode analsis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial bauran
pemasaran yang terdiri dari Barang (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion)
dan distribusi (Place) terhadap sikap konsumen dalam mengambil keputusan
membeli sepeda motor Honda Beat di Dealer MPM Kecamatan Sumbersari Jember.
Produk adalah variabel bauran pemasaran yang paling dominan terhadap keputusan
pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai beta varaibel produk yang lebih besar
daripada variabel lainnya. Hasil ini menolak hipotesis ke tiga yang menyatakan
bahwa diduga unsur promosi adalah unsur pemasaran yang paling dominan
berpengaruh terhadap sikap konsumen untuk memutuskan pembelian Honda Beat di
Dealer MPM Kecamatan Sumbersari Jember.