P e n i n gk at an A k t i vi t as d an H as i l B e l aj ar S i s w a K e l as V A M e l al u i M e t od e R ol e P l ay i n g d al am P e m b e l aj ar an I P S P ok o k B ah asan P e r j u an ga n P a r a T ok oh M e n u j u K e m e r d e k aan d i S D N A JU N G 01 J e m b e r T ah u n P e l aj ar an 2012/ 2013 ;
Abstract
lmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat
dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata
pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai metode
pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS,
salah satunya adalah metode role playing. Penerapan metode role playing dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, maka
akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa
kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas VA melalui metode role
playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju
kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatan aktivitas belajar siswa kelas VA melalui metode role playing
dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju
kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember, dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok
bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah SDN Ajung 01 J
e
m
be
r
.
S
ubj
e
k
pe
ne
l
i
t
i
a
n
a
da
l
a
h
si
sw
a
ke
l
a
s
V
A
de
nga
n
j
um
l
a
h
si
sw
a
se
ba
n
y
a
k
51
si
sw
a
.
P
e
ng
um
pul
a
n
da
t
a
da
l
a
m
pe
ne
l
i
t
i
a
n
i
ni
m
e
ngg
un
a
ka
n
m
e
t
ode
ob
se
r
va
si
,
w
a
w
a
n
c
a
r
a
,
dokum
e
n
t
a
s
i
da
n
t
e
s
.
A
na
l
i
si
s
da
t
a
y
a
n
g
di
g
un
a
k
a
n
a
da
l
a
h
a
na
l
i
si
s
de
skr
i
pt
i
f
kua
l
i
t
a
t
i
f
.
H
a
si
l
pe
ne
l
i
t
i
a
n
m
e
nunj
ukka
n
ba
hw
a
pe
n
e
r
a
p
a
n
m
e
t
ode
rol
e
pl
ay
i
ng
da
pa
t
m
e
ni
ng
ka
t
k
a
n
a
kt
i
vi
t
a
s
da
n
ha
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
da
l
a
m
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
I
P
S
pokok
ba
ha
sa
n
pe
r
j
ua
n
g
a
n
p
a
r
a
t
okoh
m
e
nuj
u
ke
m
e
r
de
ka
a
n
.
A
kt
i
vi
t
a
s
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
pa
da
pr
a
si
kl
us
se
be
sa
r
38,72
%
.
P
a
da
si
kl
us
I
,
pe
r
s
e
nt
a
s
e
a
kt
i
v
i
t
a
s
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
se
be
sa
r
78%
da
n
t
e
r
g
ol
on
g
ka
t
e
g
or
i
c
ukup
a
kt
i
f
.
S
e
hi
ngg
a
m
e
n
ga
l
a
m
i
pe
ni
ng
ka
t
a
n
se
be
sa
r
39,28%
.
P
e
r
se
nt
a
se
a
kt
i
vi
t
a
s
b
e
l
a
j
a
r
si
sw
a
m
e
ni
n
g
ka
t
p
a
da
si
kl
us
I
I
m
e
nj
a
di
88%
de
ng
a
n
k
a
t
e
g
or
i
a
kt
i
f
.
J
a
di
m
e
ng
a
l
a
m
i
pe
ni
ng
ka
t
a
n
se
b
e
s
a
r
10%
da
r
i
si
kl
us
I
k
e
si
kl
us
I
I
.
P
a
da
pr
a
si
kl
us,
p
e
r
se
nt
a
se
h
a
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
s
e
be
sa
r
39%
.
K
e
m
udi
a
n,
pa
d
a
si
kl
us
I
se
c
a
r
a
kl
a
si
k
a
l
se
be
sa
r
84
%
da
n
t
e
r
g
ol
o
ng
ba
i
k
,
se
hi
ngg
a
m
e
n
ga
l
a
m
i
pe
ni
ng
ka
t
a
n
se
b
e
sa
r
45%
.
P
a
da
si
kl
us
I
I
,
p
e
r
s
e
nt
a
se
ha
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
se
c
a
r
a
kl
a
si
ka
l
se
be
sa
r
92%
d
a
n
t
e
r
g
ol
on
g
da
l
a
m
k
a
t
e
g
o
r
i
ba
i
k
se
ka
l
i
.
S
e
hi
ngg
a
d
a
r
i
si
kl
us
I
k
e
si
kl
us
I
I
t
e
r
j
a
di
pe
ni
ng
ka
t
a
n s
e
be
sa
r
8%
.
B
e
r
d
a
sa
r
k
a
n
ha
si
l
pe
ne
l
i
t
i
a
n
di
a
t
a
s,
da
pa
t
di
si
m
pul
ka
n
ba
hw
a
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
m
e
l
a
l
ui
pe
ne
r
a
p
a
n
m
e
t
ode
rol
e
p
l
ay
i
ng
da
l
a
m
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
I
P
S
pokok
ba
ha
s
a
n
pe
r
j
ua
n
ga
n
pa
r
a
t
okoh
m
e
nuj
u
k
e
m
e
r
de
k
a
a
n
d
a
pa
t
m
e
ni
ng
ka
t
k
a
n
a
kt
i
vi
t
a
s
da
n ha
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
ke
l
a
s V
A
S
D
N
A
j
ung
01 J
e
m
be
r
.
S
a
r
a
n
da
r
i
pe
ne
l
i
t
i
ba
g
i
g
ur
u
S
D
a
da
l
a
h
he
nda
k
n
y
a
da
p
a
t
m
e
m
a
nf
a
a
t
k
a
n
m
e
t
ode
rol
e
pl
ay
i
ng
se
b
a
ga
i
sa
l
a
h
s
a
t
u
a
l
t
e
r
na
t
i
f
m
e
t
ode
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
b
a
i
k
pa
da
m
a
t
a
pe
l
a
j
a
r
a
n
I
P
S
m
a
up
un
m
a
t
a
pe
l
a
j
a
r
a
n
y
a
n
g
l
a
i
n
j
i
ka
m
e
m
ung
ki
nk
a
n,
ka
r
e
na
pe
ne
r
a
p
a
n
m
e
t
ode
rol
e
pl
ay
i
ng
da
pa
t
m
e
ni
n
g
ka
t
ka
n
a
kt
i
vi
t
a
s
da
n
ha
si
l
be
l
a
j
a
r
si
sw
a
.
B
a
g
i
pe
ne
l
i
t
i
l
a
i
n,
pe
ne
l
i
t
i
a
n
i
ni
da
pa
t
di
j
a
di
ka
n
se
ba
g
a
i
a
c
u
a
n
unt
uk
m
e
nga
da
ka
n
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
se
j
e
ni
s
y
a
n
g
n
a
nt
i
n
y
a
d
i
ha
r
a
pka
n
pe
ne
l
i
t
i
l
a
i
n
m
a
m
pu
m
e
m
pe
r
ba
i
ki
da
n m
e
l
e
n
gka
pi
ke
kur
a
n
ga
n
y
a
n
g
t
e
r
da
pa
t
da
l
a
m
pe
n
e
l
i
t
i
a
n i
ni
.