PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBERIAN KREDIT UMUM PEDESAAN (KUPEDES) PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) UNIT BANGSALSARI CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata pada PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Cabang Jember Unit Bangsalsari, serta sesuai dengan
bidang yang dilakukan, yaitu tentang pelaksanaan administrasi pemberian
Kredit Umum Pedesaan (Kupedes), maka dapat diambil kesimpulan.
1. Prosedur Pelaksanaan administrasi pemberian Kupedes meliputi
pendaftaran kredit,setelah pemeriksaan calon nasabah dan usulan
kredit,putusan kredit dan realisasi kredit.
a. Tahap pendaftaran permohonan kredit
Nasabah mendatangi deskman untuk mengajukan permohonan
kredit dengan membawa perlengkapan persyaratan kredit dan mengisi
formulir
b. Tahap setelah pendaftaran
Memastikan bahwa calon nasabah lengkap dan pengisian formulir itu
benar
c. Tahap pemeriksaan dan usulan kredit
Mantri melakukan evaluasi dan analisis ketempat tinggal nasabah dan
seelanjutnya membuat rekomendasi kupedes yang dicatat pada
formulir dan diserahkan kembali ke deskman
d. Tahap putusan
Deskman mencatat pada register 35 dan melakukan pemberitauan
kepada calon nasabah tentang permohonan kreditnya. Deskman
menyerahkan berkas-berkas tersebut kepada kepala unit untuk di fiat
bayar kemudian kepala unit menyerahkan ke teller.
e. Tahap pencairan
Teller memanggil nasabah dan meminta tandatangan dibelakang
kwitansi pembayaran untuk meyakinkan bahwa yang menerima adalah
yang berhak dan teller melakukan pembayaran. 2. Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Nyata setiap hari kerja tugas-tugas
yang diberikan adalah sebagai berikut.
a. Melayani nasabah yang meminta informasi saldo
Dalam Praktek Kerja Nyata penulis membantu deskman yang meminta
informasi saldo. Nasabah memberitahukan nomer rekening yang tertera
pada buku tabungan kemudian deskman melihat data yang ada
dikomputer dan memberitaukan jumlah saldo kepada nasabah
b.Melayani Permohonan membuka rekening baru.
Nasabah membawa foto copy identitas diri (KTP/SIM) kemudian
mengisi formulir yang disediakan oleh deskman .Selanjutnya deskman
mengentri pada computer data yang diisi calon nasabah dan
mengaktifkan nomer rekening.Setelah itu nasabah melakukan
pembayaran pada teller dan mendapatkan buku tabungan.
c. Melayani pembayaran angsuran kupedes.
Dalam kegiatan PKN penulis membntu nasabah dalam pengisian slip
penyetoran untuk mengangsur kreditnya agar dalam penulisan tersebut
benar dan tepat maka penulisan slip penyetoran harus dilakukan oleh
karyawan BRI
d.Membantu deskman mengurutkan slip penyetoran.
Penulis juga membantu deskman dalam mengurutkan formulir setoran
dari nomor urut yang terkecil sampai dengan yang terbesar dan direalisir
kebenarannya untuk disimpan dalam almari terkunci.
Collections
- DP-Company Management [469]