Show simple item record

dc.contributor.authorLaely Untari Dewi
dc.date.accessioned2014-01-21T00:21:48Z
dc.date.available2014-01-21T00:21:48Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210274082
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18912
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPA yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan metode. Pendekatan tersebut dapat mendekatkan IPA kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasa belajar melalui pembelajaran kooperatif setting eksperimen mata pelajaran IPA siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Rambigundam 01 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Rambigundam 01 Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 5 April 2011 sampai tanggal 19 April 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 32 anak, terdiri dari 17 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPA, dan dalam memecahkan masalah IPA, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktifitas siswa selama pembelajaran IPA siklus I bertanya 70%, kerjasama kelompok 76%, diskusi kelompok 65%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, bertanya 76%, kerjasama kelompok 79%, diskusi kelompok 78%,. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 72% dan siklus II secara klasikal sebesar 82%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif setting eksperimen mata pelajaran IPA siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Rambigundam 01 Kabupaten Jember berjalan dengan baik dan membuat siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran (2) pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran kooperatif setting eksperimen dapat meningkatkan aktifitas siswa (3) ketuntasan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274082;
dc.subjectMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari Melalui Metode Eksperimen Setting Cooperativeen_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PENGARUHNYA DALAM KEGIATAN SEHARI-HARI MELALUI METODE EKSPERIMEN SETTING COOPERATIVE SDN RAMBIGUNDAM 01 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record