Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian pecahan siswa kelas V SDN Patrang 01 Jember
Abstract
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor
diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar,
karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan
kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan
guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan
diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih
model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran
yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a)
bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu
pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa? (b) bagaimanakah aktivitas
siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu
pecahan? (c) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dari pengaruh
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw?
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) ingin mengetahui penerapan
pembelajaran tipe jigsaw disertai kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar
siswa, (b) ingin mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan, (c) ingin mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa dari pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai
kartu pecahan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa
kelas Vb SDN Patrang 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar
observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 50% dan siklus II 82,5%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai
kartu pecahan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas Vb
SDN Patrang 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif pembelajaran Matematika.