• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian pecahan siswa kelas V SDN Patrang 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (108)x_1.pdf (372.0Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Hendah Kartika Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa? (b) bagaimanakah aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan? (c) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dari pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) ingin mengetahui penerapan pembelajaran tipe jigsaw disertai kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (b) ingin mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan, (c) ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas Vb SDN Patrang 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 50% dan siklus II 82,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai kartu pecahan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas Vb SDN Patrang 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18911
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository