P e n i n gk at an Ak t i vi t as d an H as i l B e l aj ar S i s w a K e l as I V P ad a P e m b e l aj a r an P K n P ok ok B ah as an P e n gar u h G l ob al i s as i M e l al u i P e n e r ap an P e m b e l aj a r an M e t od e C oope r at i v e S c r i pt d e n gan M e n ggu n ak an M e d i a G am b ar d i S DN Pe t u n g 2 B on d o w os o T ah u n P e l aj ar an 2012/ 2013
Abstract
Da
l
a
m
kur
i
kul
um
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
P
Kn
pokok
ba
ha
s
a
n
pe
n
g
a
r
uh
g
l
oba
l
i
s
a
s
i
m
e
nunt
ut
s
i
s
wa
a
ga
r
da
pa
t
m
e
nj
e
l
a
s
ka
n
pe
nge
r
t
i
a
n
da
r
i
g
l
oba
l
i
s
a
s
i
s
e
r
t
a
m
e
ng
i
de
nt
i
f
i
ka
s
i
da
m
pa
k
pos
i
t
i
f
da
n
ne
g
a
t
i
f
da
r
i
a
da
n
y
a
pe
n
ga
r
uh
g
l
oba
l
i
s
a
s
i
.
Na
m
un
b
e
r
da
s
a
r
ka
n
h
a
s
i
l
obs
e
r
va
s
i
da
n
wa
wa
nc
a
r
a
di
S
DN
P
e
t
un
g
2
B
ondowos
o
,
a
kt
i
vi
t
a
s
be
l
a
j
a
r
s
i
s
wa
m
a
s
i
h
t
e
r
g
ol
ong
r
e
nda
h
s
e
hi
ngg
a
b
e
r
da
m
pa
k
p
a
da
ha
s
i
l
be
l
a
j
a
r
s
i
s
wa
y
a
n
g
r
e
nd
a
h
pul
a
.
H
a
l
t
e
r
s
e
but
di
ka
r
e
na
ka
n
s
i
s
wa
m
e
r
a
s
a
p
e
m
be
l
a
j
a
r
a
n
P
Kn
s
ul
i
t
ka
r
e
na
s
i
s
wa
t
i
da
k
m
e
m
a
ha
m
i
m
a
t
e
r
i
y
a
n
g
di
a
j
a
r
k
a
n
ol
e
h
g
ur
u.
S
e
l
a
i
n
i
t
u,
pe
ngg
un
a
a
n
m
e
di
a
y
a
n
g
kur
a
n
g
t
e
pa
t
a
t
a
u
ba
hk
a
n
g
ur
u
t
i
da
k
m
e
n
gg
una
ka
n
m
e
di
a
.
S
e
da
ng
k
a
n
d
a
r
i
s
e
g
i
m
e
t
ode
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
y
a
n
g
di
g
una
k
a
n,
g
ur
u
bi
da
n
g
s
t
udi
P
Kn
ha
n
y
a
m
e
n
gg
un
a
ka
n
m
e
t
ode
c
e
r
a
m
a
h,
t
a
n
y
a
j
a
wa
b
da
n
pe
m
b
e
r
i
a
n
t
uga
s
s
e
hi
n
gg
a
m
a
s
i
h
kur
a
ng
va
r
i
a
t
i
f
.
Ol
e
h
ka
r
e
na
i
t
u
di
pe
r
l
uka
n
s
ua
t
u
a
l
t
e
r
na
t
i
f
unt
uk
m
e
ni
ng
ka
t
ka
n
a
kt
i
vi
t
a
s
da
n
ha
s
i
l
be
l
a
j
a
r
s
i
s
wa
pa
da
p
e
m
be
l
a
j
a
r
a
n
P
Kn
m
e
l
a
l
ui
pe
ne
r
a
p
a
n
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n m
e
t
ode
c
o
ope
r
at
i
v
e
s
c
r
i
pt
de
n
g
a
n
m
e
ngg
un
a
ka
n
m
e
di
a
ga
m
ba
r
.
R
um
us
a
n
m
a
s
a
l
a
h
da
l
a
m
pe
ne
l
i
t
i
a
n
i
ni
a
da
l
a
h:
P
e
t
ung
2
B
ondowos
o
p
a
da
S
e
m
e
s
t
e
r
Ge
na
p
Ta
hun
P
e
l
a
j
a
r
a
n
2012/
201
3
?
Tuj
ua
n
pe
ne
l
i
t
i
a
n
i
ni
a
da
l
a
h:
i
pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi melalui penerapan
pembelajaran metode cooperative script dengan menggunakan media gambar di SDN
Petung 2 Bondowoso pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013;
Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dengan jumlah 23
siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 14 perempuan di SDN Petung 2 Bondowoso.
Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso,
referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain
penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data
hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara
klasikal yaitu sebesar 69,27% dengan kriteria cukup aktif dan mengalami peningkatan
sebesar 20,29% sehingga pada siklus II menjadi 89,56% dengan kriteria sangat aktif.
Sedangkan hasil penelitian untuk data analisis hasil belajar siswa pada siklus I
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 56,52%
mengalami peningkatan sebesar 26,09% sehingga pada siklus II mengalami
peningkatan menjadi 82,61%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran metode
cooperative script dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN
Petung 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian maka
dapat diberikan saran, bagi guru yaitu metode cooperative script dapat diterapkan
pada mata pelajaran yang lain selain PKn, dengan memperhatikan karakteristik materi
dan siswa. Bagi peneliti lain, yaitu perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai
metode cooperative script.