• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    P e n i n gk at an Ak t i vi t as d an H as i l B e l aj ar S i s w a K e l as I V P ad a P e m b e l aj a r an P K n P ok ok B ah as an P e n gar u h G l ob al i s as i M e l al u i P e n e r ap an P e m b e l aj a r an M e t od e C oope r at i v e S c r i pt d e n gan M e n ggu n ak an M e d i a G am b ar d i S DN Pe t u n g 2 B on d o w os o T ah u n P e l aj ar an 2012/ 2013

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (114)_1.pdf (1.163Mb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Novi I nd a h P r a t i wi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Da l a m kur i kul um pe m be l a j a r a n P Kn pokok ba ha s a n pe n g a r uh g l oba l i s a s i m e nunt ut s i s wa a ga r da pa t m e nj e l a s ka n pe nge r t i a n da r i g l oba l i s a s i s e r t a m e ng i de nt i f i ka s i da m pa k pos i t i f da n ne g a t i f da r i a da n y a pe n ga r uh g l oba l i s a s i . Na m un b e r da s a r ka n h a s i l obs e r va s i da n wa wa nc a r a di S DN P e t un g 2 B ondowos o , a kt i vi t a s be l a j a r s i s wa m a s i h t e r g ol ong r e nda h s e hi ngg a b e r da m pa k p a da ha s i l be l a j a r s i s wa y a n g r e nd a h pul a . H a l t e r s e but di ka r e na ka n s i s wa m e r a s a p e m be l a j a r a n P Kn s ul i t ka r e na s i s wa t i da k m e m a ha m i m a t e r i y a n g di a j a r k a n ol e h g ur u. S e l a i n i t u, pe ngg un a a n m e di a y a n g kur a n g t e pa t a t a u ba hk a n g ur u t i da k m e n gg una ka n m e di a . S e da ng k a n d a r i s e g i m e t ode pe m be l a j a r a n y a n g di g una k a n, g ur u bi da n g s t udi P Kn ha n y a m e n gg un a ka n m e t ode c e r a m a h, t a n y a j a wa b da n pe m b e r i a n t uga s s e hi n gg a m a s i h kur a ng va r i a t i f . Ol e h ka r e na i t u di pe r l uka n s ua t u a l t e r na t i f unt uk m e ni ng ka t ka n a kt i vi t a s da n ha s i l be l a j a r s i s wa pa da p e m be l a j a r a n P Kn m e l a l ui pe ne r a p a n pe m be l a j a r a n m e t ode c o ope r at i v e s c r i pt de n g a n m e ngg un a ka n m e di a ga m ba r . R um us a n m a s a l a h da l a m pe ne l i t i a n i ni a da l a h: P e t ung 2 B ondowos o p a da S e m e s t e r Ge na p Ta hun P e l a j a r a n 2012/ 201 3 ? Tuj ua n pe ne l i t i a n i ni a da l a h: i pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi melalui penerapan pembelajaran metode cooperative script dengan menggunakan media gambar di SDN Petung 2 Bondowoso pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013; Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dengan jumlah 23 siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 14 perempuan di SDN Petung 2 Bondowoso. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 69,27% dengan kriteria cukup aktif dan mengalami peningkatan sebesar 20,29% sehingga pada siklus II menjadi 89,56% dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil penelitian untuk data analisis hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 56,52% mengalami peningkatan sebesar 26,09% sehingga pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,61%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran metode cooperative script dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Petung 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru yaitu metode cooperative script dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain selain PKn, dengan memperhatikan karakteristik materi dan siswa. Bagi peneliti lain, yaitu perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode cooperative script.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18898
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository