• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN REFINANCING PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) CABANG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Citra Ika Ayuning Tyas_1.pdf (389.7Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Citra Ika Ayuning Tyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam perusahaan jasa, kualitas pelayanan adalah satu hal yang selalu diperhatikan karena baik dan buruknya suatu perusahaan ditentukan oleh kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumennya. Dari kualitas pelayanan itu pula dapat diketahui tingkat kepuasan pelanggan yang datang ke tempat tersebut. Dan ketika seorang konsumen merasa puas dengan pelayanan yang didapatnya dari tempat tersbut maka dengan sendirinya konsumen itu menjadi loyal terhadap perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang digunakan adalah adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan refinancing PT Federal International Finance Cabang Jember. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode assosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil adalah 80 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin merupakan pelanggan yang telah melakukan aktifitas refinancing sebanyak dua kali atau lebih menggunakan purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini dilakukan di PT. Federal International Finance Cabang Jember pada tanggal 09 April 2012 sampai dengan 09 Juni 2012. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data yang dipergunakan oleh penulis adalah menggunakan analisis regresi linier berganda yaitu dengan mengukur ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Pengukuran tingkat kualitas pelanggan menggunakan lima indikator yaitu Bukti Langsung (Tangibles), Keandalan (Realiabiliy), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada kualitas pelayanan tingkat kepuasan pelanggan. Dari hasil uji regresi berganda dihasilkan persamaan Y = 4,612 + 0,369 X1 + 0,022X2 + 0,043X3 + 0,078X4 + 0,047X5. Dari perhitungan didapat t hitung yang lebih besar daripada t tabel (11,003>2,000) dan F hitung yang juga lebih besar daripada F tabel (52,473>2,35). Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan sehingga berdampak peningkatan kualitas pelayanan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan yang maksimal. Besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan adalah sebesar 60,8%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18883
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository