STRATEGI PENETAPAN HARGA BISNIS SALE PISANG PADA UD. PANDAN ARUM ROGOJAMPI-BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di UD. Sale Pisang Pandan Arum Rogojampi
Banyuwangi yang berlokasi di Desa Kaotan RT 04/RW 07 Kecamatan Rogojampi
Kabupaten Banyuwangi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
dengan pihak manajemen perusahaan yaitu pimpinan, tenaga pemasaran, serta
beberapa karyawan di UD. Pandan Arum.
Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka tipe penelitian ini
adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang didasarkan pada paradigma kualitatif.
Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam atau suatu data
yang mengandung makna, artinya adalah mencari makna data yang sebenarnya.
Berdasarkan hasil analisis domain dan taksonomi menunjukkan Dalam
penetapan harga, perusahaan harus mempertimbangkan sejumlah faktor internal dan
eksternal lainnya. Faktor internal terdiri dari pertimbangan organisasi sedangkan dari
pihak eksternal itu pasar dan permintaan, strategi dan harga bersaing, serta faktor
eksternal lainnya seperti booming. Kesimpulan dari deskripsi ini dalam strategi
penetapan harga UD. Pandan Arum memilih untuk memberikan harga jual yang lebih
rendah dari para pesaingnya. Penetapan harga jual yang lebih rendah dari pesaingnya
ditujukan untuk menarik minat beli konsumen. Akan tetapi bukan berarti dengan
harga rendah yang diberikan oleh UD. Pandan Arum Rogojampi kepada konsumen,
kualitas dan rasa yang dihasilkan produsen tidak berkualitas. Hasil produksi dari UD.
Pandan Arum Rogojampi memiliki kualitas yang bagus, walaupun harga yang
ditawarkan relatif lebih murah.