POSITIONING PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA PERUSAHAAN AIR MINUM AGA CV. INTAN MULIA BANYUWANGI
Abstract
Industri Air Minum Isi Ulang (AMIU) merupakan salah satu contoh industri
di Indonesia dengan tingkat persaingan yang tinggi dan terus berkembang dari tahu
ke tahun. CV. Intan mulia merupakan salah satu perusahaan air mi eral lokal yang
ada di Banyuwangi dengan merek AGA berdiri tahun 2004, perusahaan ini saat ini
bergerak dalam bidang produksi dan distribusi AMIU serta melayani jasa
pemasangan depo air minum isi ulang di kawasan Banyuwangi dan Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan positioning produk
dalam menghadapi persaingan pada perusahaan air minum AGA CV. Intan Mulia
Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan teknik key informan, yaitu menggunakan
informan sejumlah 12 orang yaitu direktur, manager, kepala bagian marketing,
kepala bagian produksi, administrasi, pengelola depo, dan konsumen. Berdasarkan
permasalahan dan tujuan penelitian maka tipe penelitian ini adalah penelitian yang
bersifat deskriptif yang didasarkan pada paradigma kualitatif. Metode analisis data
yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah CV. Intan Mulia dengan produknya
AGA menggunakan positioning kepada pesaing dan positioning melalui manfaat
produknya yang berkualitas didukung pelayanan terbaik yang siap 24 jam jika
dibandingkan dengan produk pesaing sejenis, yaitu SariQua dan A-Qwa Alami.
Dalam meraih pangsa pasarnya AGA melakukan sebuah positioning kepada
konsumennya dengan menggunakan slogan AGA lebih berkualitas sebagai penguat
produknya. AGA menggunakan positioning berdasar kategori produk dengan
bergerak pada penyedia jasa pemasangan peralatan depo AMIU di Banyuwangi.