• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) untuk Mengatasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Tenggarang Bondowoso Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010;

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (103)x_1.pdf (467.2Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Helmi Sintowati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru pengajar bidang studi matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Tenggarang Bondowoso, diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dikarenakan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa yakni kesalahan teorema, kesalahan penggunaan data, dan kesalahan teknik. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMP tersebut adalah metode ceramah. Pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan model pembelajaran yang menggabungkan dua macam pembelajaran, yaitu pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu, dimana setiap siswa dalam kelompok kecil (3 sampai 5 siswa) yang heterogen (mencakup siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah), dalam proses pembelajaran, siswa akan saling membantu dan mengecek pekerjaan atau tugas akademik teman sekelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas, kecenderungan jenis kesalahan, dan efektivitas pembelajaran TAI untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kubus dan balok Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Tenggarang tahun ajaran 2009/2010, yang berjumlah 33 siswa. Alasan pemilihan subjek penelitian yaitu kemampuan siswa atau hasil belajar dalam pelajaran matematika masih mengalami kesenjangan yang sangat tinggi dan sebagian besar siswa kelas VIIIB banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. viii Metode pengumpulan data antara lain tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses penelitian diawali tes pendahuluan kubus dan balok untuk mengetahui kecenderungan jenis kesalahan siswa sebelum pembelajaran TAI, kemudian dilaksanakan pembelajaran TAI yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 pada materi kubus dan siklus 2 pada materi balok. Langkah pembelajaran yaitu dengan urutan fase menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, penyajian informasi (menyajikan materi pelajaran dan pemberian LKS), mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, membimbing kelompok belajar dan bekerja, dan memberikan penghargaan. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) untuk Mengatasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Tenggarang Bondowoso Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010 dapat terlaksana dengan lancar, meskipun ada beberapa kendala, yaitu pada pembentukan kelompok, siswa kurang menerima pembagian kelompok yang telah ditetapkan oleh guru. Siswa mengaku senang dengan penerapan pembelajaran ini, apalagi dengan keberadaan LKS yang memudahkan siswa dalam memahami konsep dan diskusi kelompok yang membuat siswa semangat dan antusias dalam belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa selama pembelajaran rata-rata sangat aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai 75,8%, dan siklus 2 mencapai 82%. Berdasarkan analisa data pada hasil tes siswa pada siklus 1 dan siklus 2 dapat diketahui bahwa dalam mengerjakan soal kubus dan balok, siswa cenderung melakukan kesalahan teorema dan kesalahan lain. Pada siklus 1 diperoleh persentase efektivitas pembelajaran sebesar 67,5 % dengan kata lain pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kubus. Pada siklus 2 diperoleh persentase efektivitas pembelajaran sebesar 75,99% dengan kata lain pembelajaran kooperatif tipe TAI sangat efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal balok.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18858
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository