STRATEGI BAURAN PROMOSI HOTEL SIDO MUNCUL 2 KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Kepariwisataan mempunyai peranan penting untuk memperluas serta
memeratakan kesempatan usaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan
daerah, dan memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan
kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Perkembangan pariwisata bisa dilihat dari
meningkatnya jumlah wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang
menginap di hotel, oleh karena itu penelitian ini mengambil objek pada Hotel
Sido Muncul 2 Kabupaten Situbondo. Peneliti mengambil objek pada Hotel Sido
Muncul 2 karena Hotel Sido Muncul 2 merupakan hotel pengembangan dari Hotel
Sido Muncul 1 yang merupakan binaan dari Perusahaan Daerah Pasir Putih.
Hotel Sido Muncul 2 melakukan keempat elemen bauran promosi yaitu
advertising, personal selling, public relations dan sales promotion. Keempat
elemen tersebut digunakan oleh Hotel Sido Muncul 2 secara berkala sesuai
dengan kebutuhan dari Hotel Sido Muncul 2. Penggunaan keempat elemen
tersebut dilakukan bersama-sama pada saat awal pengembangan hotel.
Kegiatan periklanan yang dilakukan oleh Hotel Sido Muncul 2 adalah
dengan adanya iklan di koran yang dalam hal ini disebut iklan kolom baris. Hal
tersebut dapat dilihat dalam sponsorship kegiatan tahun baru. Biasanya pihak
manajemen memasang iklan pada koran dan radio mengenai adanya diskon
spesial tahun baru.
Kegiatan public relations yang dilakukan Hotel Sido Muncul 2 adalah
pada saat awal pengembagan hotel. Kegiatan tersebut bersifat membidik instansiinstansi
dan lembaga-lembaga untuk dapat menikmati fasilitas hotel yang ada
pada Hotel Sido Muncul 2. Pada umumnya kegiatan personal selling ini adalah
kegiatan pengenalan awal untuk mengenalkan fasilitas hotel pada masyarakat
pada umumnya dan lembaga-lembaga atau instansi-intansi pada khususnya.
Kegiatan personal selling dilakukan pada saat adanya event-event pada
pantai pasir putih. Tujuan adanya personal selling adalah untuk mengenalkan dan
mengajak masyarakat untuk menggunakan jasa Hotel Sido Muncul 2. Pada
umunya kegiatan personal selling ini adalah kegiatan dengan menggunakan jasa
orang dalam mempromosikan Hotel Sido Muncul 2. Kegiatan sales promotion
yang dilakukan Hotel Sido Muncul 2 adalah dengan memberikan kenangkenangan
kepada pengunjung yang menandakan ciri khas dari Hotel Sido Muncul
2, tujuan dari sales promotion ini adalah untuk memberikan kenangan kepada para
pengunjung dan terus mengingat Hotel Sido Muncul 2 dan akan kembali lagi pada
Hotel Sido Muncul 2.
Keempat elemen dari bauran promosi tersebut terus digunakan oleh Hotel
Sido Muncul 2 karena kegiatan promosi dipandang efektif untuk menarik minat
masyarakan dalam hal menggunakan fasilitas Hotel Sido Muncul 2. Penggunaan
dari bauran promosi sendiri beragam dan menyesuaikan dari keadaan dan situasi
dari pantai pasir putih Situbondo