MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN UANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRIT PADA SISWA KELAS III SDN KEPATIHAN 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pembelajaran IPS di SD pada umumnya masih menggunakan metode saja tanpa
menggunakan media, sedangkan mata pelajaran IPS merupakan integrasi dari
berbagai ilmu-ilmu sosial yang memiliki konsep yang abstrak. Berdasarkan observasi
Peneliti di SDN Kepatihan 03 Jember, ditemukan kesan dari siswa kelas III-C, bahwa
dalam penyampaian pembelajaran IPS tidak selalu dimengerti oleh siswa.
Salah satu contoh pembelajaran yang bisa menggunakan media konkrit adalah
IPS pokok bahasan uang, sehingga peningkatan hasil belajar siswa kelas III-C SDN
Kepatihan 03 Jember dengan menggunakan media konkrit dalam proses pembelajaran
dapat meningkat serta memotivasi siswa, karena dalam penyampaian materi
menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa Kelas III-C SDN Kepatihan 03 Jember, dengan penggunaan media
konkrit dalam pembelajaran IPS.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilakukan pada
siswa kelas III-C SDN Kepatihan 03 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 23 Mei 2011 (Siklus 1) dan 26 Mei 2011 (Siklus 2) meliputi: perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan
adalah uji ketuntasan hasil belajar siswa.
viii
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 persentase ketuntasan
belajar sebesar 68,57% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal. dalam hal ini persentase ketuntasan belajar belum mencapai 70%. Sehinggal
perlu diadakan perbaikan langkah-langkah pada siklus 2. Pada siklus 2 didapat ratarata
persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,57% yang tergolong telah
mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah
Penggunaan media konkrit mata pelajaran IPS pokok bahasan Uang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-C SDN Kepatihan 03 Kaliwates Jember.