PERANAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI PENUNJANG KINERJA SEBUAH BIRO PERJALANAN WISATA
Abstract
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang berfungsi sebagai sarana
komunikasi global yang seharusnya dikuasai pelaku pariwisata. Ia juga
sebagai sarana pengertian dan kesepahaman antara satu manusia dengan
manusia yang lainnya sehingga kesalahan dalam komunikasi dapat dihindari.
Bahasa Inggris juga mempunyai hubungan yang erat sekali dengan dunia
kerja di segala bidang, salah satunya adalah di bidang usaha jasa perjalanan
wisata. Bahasa Inggris pada suatu Travel Agency atau biro perjalanan wisata
memberikan pengertian mendasar sebagai alat komunikasi dalam
menyampaikan informasi bagi wisatawan manca negara untuk mengetahui
informasi pariwisata di Indonesia. Sedang untuk konsumsi wisatawan lokal
Bahasa Inggris sebagai media komunikasi untuk mengetahui informasi
pariwisata ke luar negeri sekaligus memiliki arti yang penting sekali dalam
menunjang kinerja bagi biro perjalanan dalam usaha meningkatkan
prefesionalisme karyawan biro perjalanan wisata.
Objek pelaksanaan Praktek Kerja Nyata ini adalah CV. RAJA
TOURS & TRAVEL di jember yang dilaksakan pada bulan Januari-Februari
2010. Hasil yang diterima secara langsung selama pelaksanaan Praktek Kerja
Nyata adalah mendapat kesempatan mengikuti pelaksanan tour, melakukan
marketing, mengikuti technical meting, membantu persiapan keperluan untuk
pelaksanan tour, membantu kegiatan operasional kantor serta pengenalan
dengan seluruh staff sesuai jabatannya serta seluk beluk usaha biro perjalanan
CV. RAJA TOURS & TRAVEL.
Kesimpulan yang diperoleh dari analisi dan pembahasan masalah
adalah pentingnya peranan bahasa Inggris dalam biro perjalanan wisata untuk
menarik pihak konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan, terutama
pelyanan yang diberikan karyawan kepada para konsumen sehingga mampu
meningkatkan citra positif perusahaan dimata mereka.