ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN SERVICE SEPEDA MOTOR PADA BENGKEL AHASS MANDIRI SENTOSA JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan
Service Sepeda Motor pada Bengkel AHASS Mandiri Sentosa Jember” dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel-variabel kualitas layanan secara simultan
maupun parsial serta juga untuk mengetahui manakah diantara variabel-variabel kualitas
layanan tersebut yang berpengaruh paling nyata terhadap kepuasan konsumen service sepeda
motor pada Bengkel AHASS Mandiri Sentosa Jember?
), daya
tanggap (X
Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel kehandalan (X
2
), jaminan (X
3
), empati (X
viii
4
) serta bukti fisik (X
) dalam pengaruhnya terhadap
kepuasan konsumen yang melakukan service Sepeda Motor di Bengkel AHASS Mandiri
Sentosa Jember. Variabel penelitian diukur dengan 14 item pertanyaan yang menggunakan
skala likert yang telah dimodifikasi dengan skala 1 sampai dengan 5. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda dan penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 50 responden.
5
Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel-variabel
kualitas layanan (X) berpengaruh nyata/signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) yang
melakukan service sepeda motor di bengkel AHASS Mandiri Sentosa Jember. Berdasarkan
uji F yang telah dilakukan diperoleh bahwa F
hitung
> F
yaitu 4,843 > 4,44. Selanjutnya
untuk nilai R Square adalah 0,521. Hal ini berarti 52,1 persen kepuasan konsumen service
sepeda motor pada bengkel AHASS Mandiri Sentosa Jember dipengaruhi oleh variabel
kualitas layanan yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati serta bukti fisik
dan sisanya sekitar 47,9 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar model
persamaan regresi yang dibuat. Sedangkan pengujian secara parsial (uji t) juga menunjukkan
bahwa variabel kehandalan, daya tanggap dan bukti fisik berpengaruh nyata/signifikan
terhadap kepuasan konsumen (Y) berdasarkan uji t yang telah dilakukan diperoleh nilai t
untuk masing-masing variabel lebih besar dari t
tabel
tabel
. Sedangkan variabel jaminan dan empati
tidak berpengaruh nyata terhadap perilaku konsumen (Y) dimana berdasarkan uji t yang telah
dilakukan diperoleh nilai t
hitung
untuk masing-masing variabel lebih kecil dari t
bukti fisik mempunyai pengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen jasa service
sepeda motor pada bengkel AHASS Mandiri Sentosa Jember.