PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT RAMAYANA LESTARI SENTOSA TBK. CABANG GRESIK
Abstract
Penelitian dengan judul “Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran
(Marketing Mix) terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Ramayana Lestari
Sentosa Tbk Cabang Gresik” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen baik secara simultan
maupun parsial.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu suatu metode penelitian
untuk memperoleh gambaran mengenai situasi atau kejadian sehingga
metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data, memberikan
gambaran, terhadap fenomena-fenomena penelitian berdasarkan pada data
primer yang diambil dari kuesioner pada responden ( konsumen Ramayana
departemen Store Gresik) yang ada dan tersedia pada obyek penelitian.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: uji validitas
dan uji reliabelitas dengan menggunakan metode crombach alpha, metode
MSI (Methods of Successive Internal), regresi berganda, uji asumsi klasik, uji
F, dan uji t..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor variabel produk,
harga, lokasi, promosi, orang, proses, fasilitas fisik, dan pelayanan secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan
menggunakan perhitungan uji F menghasilkan F
65,317 lebih besar dari
F
tabel
hitung
2,18. Dan hasil dari nilai koefisien determinan berganda terdapat faktor
variabel produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, fasilitas fisik, dan
pelayanan dapat menjelaskan variasi variable terikat yaitu kepuasan
konsumen pada Ramayana Departement Store cabang Gresik sebesar 92.7 %
dan sisanya 7.3 % dipengaruhi oleh variable lain diluar penelitian ini.