PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DALAM TOUR PLANNING PAKET WISATA PADA BIRO PERJALANAN CV. RANGGA TOUR AND TRAVEL
Abstract
yang dilaksanakan di biro perjalanan wisata CV. Rangga Tour & Travel selama
kurang lebih 40 hari, terhitung sejak 18 Januari sampai dengan 27 Februari 2010.
Kegiatan Praktek Kerja Nyata ini merupakan salah satu syarat kelulusan pada
Program DIII Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Jember. Dan program
PKN ini telah memenuhi standard waktu kerja yang telah ditentukan. Program
DIII Bahasa Inggris merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi siapa saja yang
ingin segera bekerja, karena mata kuliah yang disajikan oleh Program DIII lebih
menuju pada penguasaan skills dan pengetahuan teori praktis. Sehingga sumber
daya manusia yang dihasilkan lebih berpengalaman dan berkualitas serta tidak
diragukan lagi tentang kematangan dalam menghadapi persaingan pada dunia
kerja. CV. Rangga Tour & Travel merupakan salah satu biro perjalanan wisata
yang ada di kota Jember yang bergerak di bidang pariwisata, baik pariwisata
dalam negeri maupun mancanegara. Pariwisata merupakan salah satu kegiatan
yang dapat mendatangkan keuntungan bagi negara, yakni melalui wisata kita
dapat mengenalkan kekayaan obyek daya tarik wisata negara pada dunia.
Penunjang kelancaran bisnis serta pelayanan wisata pada biro perjalanan wisata
CV. Rangga Tour & Travel yang dapat memuaskan konsumen baik konsumen
dalam negeri maupun mancanegara maka dalam setiap komponen yang
berhubungan dengan pariwisata mengusahakan dapat menggunakan bahasa
inggris yang baik dalam setiap kegiatan operasionalnya. Materi yang diangkat
dalam laporan ini adalah kegiatan perencanaan paket wisata atau Tour Planning
yang dilaksanakan oleh CV. Rangga Tour & Travel Jember yang bertujuan untuk
menunjang kelancaran bisnis dan pelayanan terhadap konsumen serta pentingnya
perencanaan paket wisata agar perjalanan seseorang lancar dan merasakan
nyaman selama melakukan perjalanan wisata. Dalam kegiatan tour planning ini
sebisa mungkin pihak Rangga Tour & Travel mengutamakan kepuasan konsumen,
agar konsumen tetap menggunakan jasa perjalanan wisata Rangga Tour & Travel
kembali