• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (23)FKIP_1.pdf (453.9Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Medya Ari Kusuma Wardani;
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbicara merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh setiap orang. Namun, keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember masih rendah. Faktor rendahnya keterampilan berbicara siswa dikarenakan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada siswa untuk berlatih berbicara atau mengungkapkan pendapatnya sehingga siswa kurang percaya diri dan tidak terampil berbicara, maka untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar dan berlatih berbicara. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe time token, karena model ini bertujuan untuk memeratakan kesempatan kepada setiap siswa untuk berbicara menggunakan kupon berbicara yang berdurasi waktu antara 10 detik sampai 1 menit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2012-2013?, dan 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2012-213 setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2012-2013, dan 2) untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Penelitian ini dilakukan di SDN Rowotamtu 02 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, diikuti oleh semua siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember yang terdiri atas 25 siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe time token dan keterampilan berbicara. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 dilakukan dengan tes unjuk kerja berbicara menanggapi persoalan faktual yang terdapat pada gambar dengan bantuan kupon berbicara yang berdurasi waktu 30 detik. Persentase ketuntasan keterampilan berbicara pada prasiklus sebesar 48%, pada siklus I sebesar 64%, pada siklus II sebesar 84%. Jadi, ketuntasan keterampilan berbicara meningkat sebesar 36%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru kelas, dalam mengajarkan bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token atau model pembelajaran yang lainnya yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam berbicara, dan 2) bagi peneliti, diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian sejenis, terutama dalam ruang lingkup yang lebih luas, 3) bagi sekolah, diharapkan dapat menyempurnakan model pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, dan 4) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengadopsi model pembelajaran kooperatif tipe time token ini pada pembelajaran yang berbeda ataupun pada jenjang pendidikan yang lain sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18693
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository