Show simple item record

dc.contributor.authorRIATININGSIH
dc.date.accessioned2014-01-20T21:03:17Z
dc.date.available2014-01-20T21:03:17Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM070210193137
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18688
dc.description.abstractGuru adalah tenaga profesional yang bertugas untuk menciptakan pembelajaran yang efektif (pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan pendidikan) dengan merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran (pembuatan RPP dan Silabus), mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan variasi media dan sumber belajar, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembibingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Profesionalitas guru mengacu kepada sikap terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pengembangan profesionalitas guru Biologi Madrasah Aliyah (MA) dengan efektivitas pembelajaran di Kabupaten Probolinggo dan untuk mengetahui bagaimana hubungan pengembangan profesionalitas guru Biologi Madrasah Aliyah (MA) dengan efektifitas pembelajaran di Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yaitu penelitian yang tidak dapat mengontrol variabel karena peristiwa telah terjadi. Sedangkan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Biologi Madrasah Aliyah, baik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) ataupun Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Kabupaten Probolinggo jarang mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Hal ini bisa dibuktikan bahwa sebanyak 42,9 % atau 6 orang dari 14 guru Biologi Madrasah Aliyah di Kabupaten Probolinggo menjawab “Kadang-kadang” dalam hal mengikuti kegiatan MGMP. Untuk hasil diklat dapat diketahui bahwa sebesar 42,9 % mendapatkan skor 4 dengan kriteria “Selalu”. Artinya, guru Biologi Madrasah Aliyah di wilayah Kabupaten Probolinggo sudah cukup baik dalam mengikuti kegiatan diklat, khususnya diklat nasional. Sedangkan persentase untuk keikutsertaan diklat regional adalah sebesar 35,7 %. Untuk kegiatan seminar didapatkan hasil bahwa rata-rata guru Biologi Madrasah Aliyah di Kabupaten Probolinggo jarang mengikuti kegiatan seminar pendidikan. Sebesar 50 % guru menjawab “kadang-kadang” tentang keikutsertaannya dalam kegiatan seminar. Untuk efektivitas pembelajaran didapatkan hasil bahwa rata-rata guru Biologi Madrasah Aliyah di kabupaten Probolinggo sudah cukup efektif dalam mengembangkan komponen-komponen RPP, seperti pengembangan indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media dan sumber belajar dengan nilai persentase ≥ 50 % dan ≤ 60 % dan interpretasi persentasenya adalah “Cukup baik”. Dari hasil analisis data didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara MGMP dengan RPP dan Silabus dengan taraf signifikansi 0,024, terdapat hubungan yang signifikan antara MGMP dengan penggunaan dan pengembangan media dan sumber pembelajaran dengan taraf signifikansi 0,014 dan terdapat hubungan yang signifikan antara MGMP dengan nilai siswa dan taraf signifikansinya sebesar 0,047. Sedangkan pengembangan profesionalitas guru dengan kegiatan diklat juga terdapat hubungan yang relatif tinggi terhadap efektivitas pembelajaran. Kegiatan diklat dengan pengembangan Silabus dan RPP, media dan sumber belajar, serta nilai siswa masing-masing memiliki hubungan yang signifikan dengan taraf signifikansi 0,013, 0,008, dan 0,005. Dari hasil analisis data juga didapatkan bahwa kegiatan seminar juga memiliki hubungan yang tinggi dan signifikan dengan pengembangan Silabus dan RPP, media dan sumber belajar, serta nilai siswa dan masing-masing taraf signifikansi antara seminar dengan pengembangan Silabus dan RPP adalah 0,606, seminar dengan pengembangan media dan sumber belajar adalah 0,045, sedangkan seminar dengan nilai siswa memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan taraf signifikansi sebesar 0,000.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193137;
dc.subjectPROFESIONALITAS, GURU BIOLOGI, MADRASAH ALIYAH (MA), EFEKTIVITAS PEMBELAJARANen_US
dc.titleHUBUNGAN PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU BIOLOGI MADRASAH ALIYAH (MA) DENGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KABUPATEN PROBOLINGGOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record