ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM LAPORAN TAHUNAN (Studi Empiris pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Dampak sosial perusahaan tergantung pada jenis atau karakteristik operasi.
Karakteristik operasi perusahaaan dapat menimbulkan dampak sosial yang tinggi
sehingga akan menuntut pemenuhan tanggung jawab sosial yang lebih tinggi.
Pelaksanaan tanggungjawab sosial akan disampaikan kepada publik melalui
pengungkapan tanggungjawab sosial dalam laporan tahunan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana gambaran
pengungkapan tanggung jawab sosial dan faktor-faktor yang mempengaruhi
pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan pada perusahaan barang konsumsi
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2008-2010 periode. Data yang digunakan
adalah data secunder seperti laporan tahunan 2008-2010, dari perusahaan barang
konsumen sampel dari 9 perusahaan selama tiga tahun 2008-2010 dengan total 27
sampel.
Metode analisis data yang digunakan adalah data uji normalitas, uji asumstion klasik,
regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan uji t. Dari penelitian ini empat
variabel independen (Ukuran, Profitabilitas, Leverage, dan Age) tidak memiliki
pengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan.