• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI (PERDAGANGAN) DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI SDN SEMPUSARI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-sriwahyuni-5618-1-sriwahyu-i_1.pdf (236.5Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Sriwahyuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sempusari Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011; Sriwahyuni, 070210204078; 2011; 57 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun masalah yang akan dituntaskan adalah 1) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dalam metode bermain peran. 2) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode bermain peran. Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama penerapan metode bermain peran. Metode bermain peran merupakan metode untuk ‘menghadirkan’ peranperan yang ada dalam dunia nyata ke dalam suatu ‘pertunjukan peran’ di dalam kelas maupun di luar kelas, yang kemudian dijadikan sebagai bahan refleksi agar peserta memberikan penilaian terhadap peran masing-masing. Misalnya: menilai keunggulan maupun kelemahan masing-masing peran tersebut dan kemudian memberikan saran/alternatif pendapat bagi pengembangan peran-peran tersebut. Metode ini lebih menekankan terhadap masalah yang diangkat dalam ‘pertunjukan’ dan bukan pada kemampuan pemain dalam melakukan permainan peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Sempusari 1 Jember pada semester genap, subyek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas III SDN Sempusari 1 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas siswa, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya selama pembelajaran menggunakan metode bermain peran yang mendukung penelitian. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPS kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Proses pembelajaran pada siklus 1 didapat nilai rata-rata dengan persentase aktivitas siswa sebesar 73,72%, yang tergolong cukup aktif. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa didapat persentase sebesar 83% yang tergolong sudah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Pada pembelajaran siklus 2 nilai rata-rata dengan persentase aktivitas sebesar 77% mengalami peningkatan dari siklus 1 yang tergolong aktif. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 2 ini didapat rata-rata sebesar 90,57%. Ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sempusari 1 Jember meningkat, dengan menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Jual beli. Berdasarkan penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar pada siklus I sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM), sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat dibandingkan pada siklus I. Pelaksanaan siklus II ini merupakan siklus pemantapan karena pada siklus I sudah tuntas maka siklus II dilanjutkan sebgai pemantapan. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa saran yang dapat dikemukakan bahwa guru selaku pendidik hendaknya bersifat inovatif artinya selalu peka terhadap pembaharuan khususnya pembaharuan dalam menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik minat siswa sedangkan siswa hendaknya mampu mengembangkan pengetahuannya dalam pembelajaran IPS dengan bermain peran minimal sesuai dengan kompetensi dasar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18655
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository