• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN SETTING COOPERATIVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII B SMP Islam Bustanul Ulum pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Bidang Ekonomi Pokok Bahasan Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-srisuciana-4102-1-srisuci-f_1.pdf (151.0Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Suciana, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah masih mengunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMP Islam Bustanul Ulum. Agar siswa memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran IPS terpadu bidang ekonomi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS terpadu bidang ekonomi pokok bahasan motif, tindakan, prinsip ekonomi adalah model quantum learning dengan setting cooperative. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan model quantum learning dengan setting cooperative dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang berupa nilai dan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu bidang ekonomi pokok bahasan tindakan, motif, dan prinsip ekonomi pada siswa kelas VII B di SMP Islam Bustanul Ulum semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model quantum learning dengan setting cooperative pada mata pelajaran IPS terpadu bidang ekonomi pokok bahasan tindakan, motif, dan prinsip ekonomi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VII B di SMP Islam Bustanul Ulum semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum learning dengan setting cooperative dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang berupa nilai dan aktivitas belajar siswa kelas VII B di SMP Islam Bustanul Ulum dalam proses pembelajaran IPS terpadu bidang ekonomi. Hal tersebut dibuktikan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan di berbagai aspek (kognitif, afektif) pada aspek kognitif dari siklus I menjadi pada siklus II. Analisis keaktifan siswa secara individual menunjukkan peningkatan dari siklus I 14 siswa yang masuk dalam kategori sangat aktif menjadi 28 siswa yang masuk dalam kategori sangat aktif pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18651
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository