PENGARUH KINERJA KARYAWAN ACCOUNT OFFICER TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM “ PEKALI 99” CABANG GANG PALEM KECAMATAN PANJI, KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
KSP “PEKALI 99” Cabang Gang Palem merupakan badan usaha yang
bergerak dibidang jasa, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kinerja
Karyawan AO terhadap kepuasan Nasabah KSP “PEKALI 99” Cabang Gang Palem.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana,
jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 900 orang yang merupakan nasabah
tetap KSP “PEKALI 99” Cabang Gang Palem, teknik pengambilan sampel
menggunakan Simple Random Sampling untuk 90 responden. dan metode
pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, penyebaran kuisioner dan studi
pustaka.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan kinerja karyawan AO
terhadap kepuasan nasabah KSP “PEKALI 99” Cabang Gang Palem, kinerja
karayawan AO berpengaruh secara positif terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t
sebesar 5,762. Pengaruh signifikan ditujukan dari nilai angka sig 0,000 < 0,1. Dari
hasil perhitungan regresi sederhana didapatkan persamaan regresi Y=25,353 +
0,298X. Nilai koefisien regresi variabel independen (kinerja karyawan) yaitu sebesar 0,298, dari nilai koefisien regresi variabel independen yaitu mempunyai nilai positif terhadap besarnya tingkat kepuasan nasabah, artinya dengan semakin besarnya nilai varibel independen maka tingkat kepuasan nasabah akan semakin naik.