ANALISA PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN SEPEDA MOTOR HONDA DENGAN PENDEKATAN BOSTON CONSULTING GROUP PADA UD. GARUDA MOTOR DI BANYUWANGI
Abstract
Matriks BCG ini digunakan untuk menggambarkan dengan jelas posisi dari tiaptiap
produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam operasionalnya matrik ini memiliki
dua sumbu yaitu sumbu vertikal dan sumbu horisontal.Sumbu vertikal menggambarkan
Tingkat Pertumbuhan Pasar (Market Growth Rate) yang merupakan proksi daya tarik
industri. Sedangkan sumbu horisontal menggambarkan besarnya pangsa pasar relatif
(Relative Marker Share) yang dimiliki oleh masing-masing unit usaha strategi.
Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk menentukan
strategi yang tepat dalam memasarkan produk sepeda motor Honda pada UD. Garuda
Motor dikarenakan dalam masa sekarang bertambah banyaknya persaingan.
Saran bagi perusahaan adalah tetap mempertahankan sesuatu yang sudah dicapai
dan membiarkan unit yang sudah menghasilkan kas untuk tetap beroperasi meskipun
pasar tidak tumbuh, karena unit usaha masih mampu menghasilkan aliran kas masuk
meskipun kecil.