• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP KETERLIBATAN DALAM PROSES BELAJAR ANAK KELAS VIII DI SMP NEGERI I TANGGUL, JEMBER TAHUN AJARAN 2006/2007

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-venyaprili-473-venyapr-i_1.pdf (119.1Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    VENY APRILIYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterlibatan orang tua sangat diperlukan oleh anak dalam kegiatan belajarnya. Peran serta orang tua diantaranya menyediakan fasilitas belajar di rumah, memberikan belajar, pengawasan waktu belajar dan komunikasi dengan pihak sekolah. Keempat faktor tersebut dipengaruhi oleh faktor latar belakang sosial ekonomi orang tua, dengan tujuan memudahkan proses belajar anak, yang pada akhirnya berujung pada pencapaian hasil belajar yang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap keterlibatan dalam proses belajar anak kelas VIII di SMP Negeri I Tanggul, Jember tahun ajaran 2006/2007. metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive yaitu di SMP Negeri I Tanggul, Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu proporsional random sampling sebanyak 70 orang tua siswa, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh terhadap keterlibatan dalam proses belajar anak kelas VIII di SMP Negeri I Tanggul, Jember tahun ajaran 2006/2007. hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan F hitung > F tabel (75,592 > 3,1338) dengan α =0,05 > Signifikansi F= 0,000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 69,3 % yang berarti variabel pendidikan dan pendapatan memberikan sumbangan sebesar 69,3 terhadap keterlibatan dalam proses belajar anak. Besarnya proporsi sumbangan variabel pendidikan (X1) sebesar 23,74% sedangkan variabel pendapatan (X2) sebesar 45,59%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel pendapatan viii (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap keterlibatan dalam proses belajar anak kelas VIII di SMP Negeri I Tanggul, Jember tahun ajaran 2006/2007.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18558
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository