• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pemanfaatan Media Gambar Pemandangan Alam Untuk Siswa Kelas V SDN Karangrejo 05 Jember;

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (96)x_1.pdf (707.0Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Heksa Lingga Murti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagai salah satu keterampilan berbahasa, kemampuan mengapresiasi sastra di sekolah dasar mempunyai peran yang sangat penting bagi peserta didik. Kemampuan mengapresiasi sastra dapat memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, dan meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik. Pembelajaran menulis puisi diarahkan pada kegiatan yang berkaitan dengan latihan mempertajam perasaan, penalaran, dan daya khayal serta kepekaan terhadap masyarakat, budaya, dan lingkungan hidup. Puisi adalah ekspresi pikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi pancaindera dalam susunan kata yang berirama. Kemampuan menulis puisi siswa kelas V masih rendah. Hal ini terbukti diantaranya: 1) dari segi diksi, kata-kata yang digunakan siswa tidak mengandung unsur keindahan, 2) tema yang terdapat dalam puisi tidak sesuai dengan judul yang digunakan, 3) tidak terdapat susunan bunyi dalam larik puisi karena puisi yang dibuat cenderung dalam bentuk cerita. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan suatu permasalahan: 1) Bagaimanakah proses penerapan media gambar pemandangan alam yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Karangrejo 05 Jember ; 2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Karangrejo 05 Jember setelah pembelajaran menggunakan media gambar pemandangan alam. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses penerapan media gambar pemandangan alam untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa SDN Karangrejo 05 Jember; 2) Keterampilan menulis puisi siswa SDN Karangrejo 05 Jember dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi melalui pemanfaatan media gambar pemandangan alam. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Karangrejo 05, Jember dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kegiatan menulis puisi siswa, hasil tes menulis puisi siswa, dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hasil tes kemampuan menulis puisi siswa secara individual pada siklus 1 mencapai 44,7%. Artinya, dari 38 siswa yang diberi tugas menulis puisi secara individu 17 siswa mencapai standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu ≥65. Sedangkan siswa yang belum memenuhi KKM sejumlah 21 siswa dengan presentase 55,3%. Ketuntasan belajar individual pada siklus 2 mencapai 76,3%. Artinya, dari 38 siswa yang diberi tugas menulis puisi melalui media gambar pemandangan alam ada 29 siswa mencapai standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu ≥65. Sedangkan siswa yang belum memenuhi KKM sejumlah 9 siswa dengan presentase 23,7%. Ketuntasan belajar pada siklus 2 telah memenuhi standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan (75%), yaitu sebesar 76,3%. Kesimpulan dari penerapan pemanfaatan media gambar pemandangan alam adalah: 1) proses penerapan media gambar pemandangan alam yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Karangrejo 05 Jember; 2) keterampilan menulis puisi siswa setelah melalui pemanfaatan media gambar pemandangan alam mengalami peningkatan. Saran yang disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1) guru SD, sebelum mengajarkan materi menulis puisi dengan tema pemandangan alam, guru harus memahami perkembangan kognitif siswa, aktivitas belajar siswa, dan penguasaan materi; 2) siswa harus mampu menulis puisi sesuai dengan tema dan karakteristik puisi tersebut; 3) peneliti lain, ketika pelaksanaan pembelajaran sebaiknya peneliti memberi penguatan dalam membuka skemata siswa dan mempelajari karakteristik siswa dan melakukan pendekatan secara personal untuk memahami tingkat kesulitan belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18546
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository