Pembelajaran Cooperative Teknik Buzz Group dengan Pendekatan Kontektual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Kertosari 01 Jember Pokok Bahasan Keliling dan Luas Persegi Panjang Tahun Ajaran 2010/2011
Abstract
Kenyataan di lapangan, sebagian besar siswa menganggap matematika
sebagai pelajaran yang sulit untuk dipahami, sebab matematika selalu
dihubungkan dengan angka dan rumus.
Guru terlalu mendominasi kelas sehingga
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Berdasarkan hasil
observasi dan wawancara yang dilakukan terhadap guru kelas III SDN Kertosari
01 (Selasa, 1 Februari 2011) diketahui hasil belajar matematika yang diperoleh
siswa kelas III masih rendah. Guru jarang memberi tugas kelompok pada siswa
dan pertanyaan yang diajukan oleh guru hanya dijawab oleh beberapa siswa saja.
Siswa hanya sebagai penerima informasi secara pasif dan guru adalah penentu
jalannya proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelit ian ini adalah
bagaimanakah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam penerapan
pembelajaran cooperative teknik buzz group dengan pendekatan kontekstual.
Adapun tujuan dari dari penelit ian ini adalah untuk mengetahui penerapan
pembelajaran cooperative teknik buzz group dengan pendekatan kontekstual,
untuk memberikan lebih banyak partisipasi siswa dalam pembelajaran dan
mengurangi adanya dominasi partisispasi oleh salah satu atau beberapa orang saja
dalam diskusi.
Diharapkan set iap siswa dapat membandingkan persepsinya yang
mungkin berbeda-beda dengan cara bertukar pikiran dengan siswa lain yang
dikemas dalam bentuk diskusi
.