PENGATURAN TRAFFIC LIGHT BERDASARKAN PERBANDINGAN KEPADATAN LALU LINTAS(Studi Kasus di Kecamatan Wonocolo Kotamadya Surabaya)
Abstract
Jumlah pengguna jalan dan kendaraan meningkat secara terus menerus di
kotamadya Surabaya, sedangkan fasilitas jalan terbatas
Dalam penelitian ini, data diperoleh dari data primer yang diambil pada bulan
Mei 2010 yang bertempat di kecamatan Wonocolo kotamadya Surabaya yang
bertepatan pada hari libur dan hari kerja. Dimana data diambil dengan cara
melakukan perekaman setiap kendaraan yang lewat di depan alat perekam. Setelah itu
dihitung panjang antrian terakhir kendaraan dan lebar jalan selama 60 detik atau
selama 1 menit. Kemudian dilakukan pengulangan perekaman sebanyak 3 kali pada
hari libur dan 4 kali pada hari kerja.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk mengatur delay lampu
hijau digunakan perbandingan antara kepadatan yang dicari waktu lampu hijaunya
menyala terhadap jumlah total kepadatan selain jalur dengan lampu merah menyala,
kemudian dikalikan dengan waktu lampu merah menyala.
Untuk mengoptimalkan masa tunggu saat lampu merah adalah dengan cara, fase
traffic light dimulai dari jalur yang mempunyai delay lampu hijau paling sedikit.