DESKRIPSI DAYA SERAP UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMAN DI KABUPATEN BONDOWOSO, KABUPATEN PASURUAN, DAN KOTA PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2008–2010
Abstract
RINGKASAN
Deskripsi Daya Serap Ujian Nasional Matematika SMAN di Kabupaten
Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan Tahun Pelajaran
2008–2010; Muzna Muchsin; 080210101040; 2008; 88 halaman; Program Studi
Pendidikan Matematika; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan; Universitas Jember.
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang diujikan dalam UN. UN
mata pelajaran matematika seharusnya dapat memberikan informasi yang bermanfaat
bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah, tidak hanya memperlihatkan
peningkatan nilai rata-rata tetapi juga dapat memberikan informasi
mengenai daya serap siswa atau kemampuan penguasaan materi siswa pada pokok
bahasan yang diujikan. Seluruh SMA di Indonesia melaksanakan UN, begitu pula
dengan wilayah Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan.
Berdasarkan uraian di atas, diadakan penelitian dengan beberapa rumusan
masalah yaitu: (1) bagaimana persentase ruang lingkup materi UN SMA (aljabar,
trigonometri, geometri, kalkulus, logika matematika, statistika dan peluang) tahun
pelajaran 2008-2010; (2) bagaimana persentase jumlah soal UN SMA berdasarkan
klasifikasi tingkatan kelas (kelas X, kelas XI, dan kelas XII) tahun pelajaran 20082010;
(3) bagaimana deskripsi daya serap siswa pada UN Matematika SMAN di
Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan tahun pelajaran
2008-2010.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data
dalam penelitian ini berupa data sekunder yaitu data laporan hasil daya serap UN
matematika SMA Negeri tahun pelajaran 2008–2010 program IPA dan IPS di
Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan, yang disusun
oleh Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemendiknas). Metode pengumpulan
data
yang
sesuai
dengan
penelitian
ini
adalah
metode
dokumentasi.
Analisis
data
dalam
penelitian
ini
menggunakan metode perbandingan tetap yang meliputi
tahapan reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja
vii
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ruang lingkup materi
yang mendominasi soal UN SMAN program IPA pada tahun pelajaran 2008 -
2010 adalah materi Aljabar (45% - 55%), Kalkulus (20% - 25%) dan
Trigonometri (10% - 12,5%), sedangkan pada soal UN program IPS materi yang
mendominasi adalah Aljabar (55%), Statistika dan peluang (22,5% - 25%), serta
Kalkulus (12,5% - 15%). Selain itu, Soal UN SMAN program IPA tahun pelajaran
2008 – 2010 didominasi oleh soal pada materi yang diajarkan di kelas XI (30%,
37,5%, dan 37,5%) dan kelas XII (42,5%, 35%, dan 32,5%.). Pada UN program
IPS didominasi oleh soal pada materi yang diajarkan di kelas XI (42,5%) dan
kelas X (42,5%, 30%, 30%).
Pada UN program IPA persentase daya serap siswa rendah di Kabupaten
Bondowoso, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan, terjadi pada pokok bahasan
proyeksi vektor berturut-turut adalah sebesar 55,97%, 52,48%, dan 53,39%.
Sedangkan pada pokok bahasan integral tidak tentu persentase daya serap siswa
berturut-turut adalah sebesar 52,25%, 58,92%, dan 23,5%. Pada UN program IPS
persentase daya serap siswa rendah di Kabupaten Bondowoso, Kabupaten
Pasuruan, dan Kota Pasuruan, terjadi pada pokok bahasan program linier berturutturut
adalah sebesar 41,2%, 47,84%, dan 19,07%. Untuk pokok bahasan turunan
fungsi aljabar persentase daya serap siswa berturut-turut adalah sebesar 38,02%,
46,62%, 46,21%. Untuk pokok bahasan ukuran pemusatan suatu data persentase
daya serap siswa berturut-turut adalah sebesar 45,85%, 50,7%, dan 58,14%.